ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Agu 2022 13:02 WIB

e-Life : Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Tidak seperti bayi pada umumnya, Eliza Laila Rahma yang masih berusia 11 bulan harus menahan rasa sakit karena terdapat lepuhan yang merah pada kulitnya.

Bayi 11 bulan ini didiagnosa mengidap Epidermolisis Bullosa. Istilah ini juga disebut dengan genetik langka yang dapat menyebabkan kulit melepuh karena gesekan, dan kulit menjadi sangat rapuh.

Lepuhan yang muncul sebagai respons terhadap cedera ringan, bahkan dari hawa panas, gesekan, dan goresan. Jika semakin parah, lepuhan juga bisa muncul di bagian dalam tubuh seperti pada lapisan mulut dan perut.

Kondisi ini biasanya muncul pada masa bayi atau anak usia dini yang jarang terlihat tanda dan gejalanya sampai remaja atau dewasa awal.

Epidermolisis Bullosa disebabkan oleh mutasi gen yang membuat kulit menjadi lebih rapuh. Lalu apa sebenarnya Epidermolisis Bullosa yang disebut dengan penyakit langka ini? dan bagaimana awal kemunculannya?

Oleh karena itu, episode e-Life kali ini akan membahas fenomena tersebut dengan mengangkat judul "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia" bersama dr. Retno Danarti - spesialis kulit dan kelamin.

Jangan lewatkan tayangannya, Jumat (05/08/2022) pukul 19.00 WIB, LIVE hanya di detikcom.

(/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT