ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Agu 2022 09:00 WIB

Bau Miss V Tak Sedap Usai Bercinta Penyebab Susah Hamil? Ini Kata Dokter

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background ilustrasi vagina (Foto: iStock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Izin bertanya Dok...

Saya sudah menikah lama, tapi sampai saat ini masih belum juga punya keturunan. Biasanya saya dan suami berhubungan satu minggu. Tapi setiap berhubungan, vagina saya selalu mengeluarkan lendir bau seperti bau busuk. Apakah itu menyebabkan susah hamil, Dok?

IL, (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Halo Ibu IL, terima kasih atas pertanyaannya...

Penelitian menunjukkan bahwa 85 persen pasangan yang berhubungan intim secara teratur, tanpa alat kontrasepsi umumnya akan hamil pada 1 tahun pertama menikah, dan sekitar 90 persen pasangan akan hamil pada tahun kedua. Berhubungan intim teratur yang dianjurkan adalah 2-3 kali per minggu.

Pada pasangan yang sudah berhubungan teratur, tanpa kontrasepsi selama 1 tahun tetapi belum hamil, dianjurkan untuk datang langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mencari penyebabnya.

Gangguan kesuburan dapat disebabkan oleh:

  • Faktor perempuan (30 persen kasus)
  • Faktor laki-laki (30 persen kasus)
  • Disebabkan oleh perempuan dan laki-laki (30 persen kasus)
  • Tidak diketahui penyebabnya (10 persen kasus)

Keputihan yang tidak normal dapat menjadi salah satu penyebab gangguan reproduksi. Namun, untuk memastikan hal ini sebaiknya ibu dan pasangan datang untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

dr Grace Valentine, SpOG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
RS Pondok Indah-Puri Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT