Heboh Harganya Bakal Naik 3x Lipat, Kenapa Sih Mi Instan Nyandu Banget?

ADVERTISEMENT

Heboh Harganya Bakal Naik 3x Lipat, Kenapa Sih Mi Instan Nyandu Banget?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 10 Agu 2022 17:02 WIB
a bowl of noodles
Alasan mi instan bisa bikin kecanduan orang yang mengkonsumsinya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Belakangan heboh kabar harga mi instan akan naik hingga tiga kali lipat. Hal ini tentunya membuat para pecinta mi instan langsung menjerit.

Seperti yang diketahui, mi instan menjadi salah satu makanan yang disukai hampir semua kalangan usia. Bahkan mungkin sebagian orang tidak akan bosan untuk mengkonsumsinya setiap hari karena kecanduan rasa nikmatnya.

Kenapa sih orang-orang bisa kecanduan makan mi instan?

Ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes mengatakan ada beberapa zat yang bisa membuat orang merasa nikmat saat mengkonsumsi mi instan, atau mungkin kecanduan dengan rasanya. Rasa itu sangat melekat pada bumbu dari mi instan itu sendiri.

"Di mi instan itu kandungan zat yang bervariasinya ada pada bumbu. Ada rasa asin, gurih, rasa pedas, ada rasa manis. Jadi seperti rasa umami," beber Dr Rita saat dihubungi detikcom, Rabu (10/8/2022).

"Sementara rasa-rasa itu dominan bersumber dari lemak jenuh dan lemak trans. Sedangkan rasa umami itu lebih berasal dari garam dan MSG," lanjutnya.

Dr Rita menjelaskan ketiga zat itu sangat cepat direspons oleh kelenjar saliva manusia. Salah satu respons yang muncul adalah rasa kenikmatan yang lebih tinggi.

"Jadi, sensasi nikmat yang lebih tinggi yang membuat seseorang itu ingin mengkonsumsi lebih banyak, dan memiliki keinginan makan lebih tinggi," ungkapnya.

NEXT: Faktor Lain yang Membuat Orang Kecanduan Mi Instan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT