Heboh Harganya Bakal Naik 3x Lipat, Kenapa Sih Mi Instan Nyandu Banget?

ADVERTISEMENT

Heboh Harganya Bakal Naik 3x Lipat, Kenapa Sih Mi Instan Nyandu Banget?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 10 Agu 2022 17:02 WIB
a bowl of noodles
Alasan mi instan bisa bikin kecanduan orang yang mengkonsumsinya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)

Meski merasakan nikmat saat makan mi instan, keberadaan zat itu tidak langsung membuat seseorang menjadi kecanduan. Ada beberapa faktor lainnya yang membuat seseorang bisa kecanduan mi instan, seperti:

Terbiasa Makan Mi Instan

Kecanduan ini bisa terjadi karena terbiasa makan mi instan berkali-kali. Misalnya dengan pertimbangan lebih praktis, hanya itu yang tersedia, atau murah dan mudah didapat

Faktor Psikologis

Misalnya seseorang yang lebih memilih mencari kenikmatan dengan makan mi instan untuk mengatasi perasaan tidak nyamannya, dibandingkan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Banyak Stimulan Eksternal

Ketagihan makan mi instan juga bisa dipengaruhi dari stimulan eksternal, misalnya karena melihat iklannya atau mencium baunya.

"Bisa juga karena banyaknya stimulan yang memancing dia untuk memakan makanan itu. Misalnya, ketika dia sedang tidak ingin makan, tetapi lihat iklan begitu nikmatnya. Itu merangsang keinginannya, penasaran, dan akhirnya ketagihan karena dipancing stimulan yang terlalu banyak,"

Persepsi yang Kurang Kuat Pada Makanan Sehat

Dr Rita mengatakan seseorang juga bisa kecanduan karena persepsi pada makanan sehat yang lemah. Orang itu hanya berorientasi pada keinginan saja, sehingga dapat dengan mudah membuat orang ketagihan pada makanan yang tidak sehat.


(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT