Wanti-wanti Psikolog Anak Soal 'Misteri' Motif Sambo Habisi Brigadir J

ADVERTISEMENT

Wanti-wanti Psikolog Anak Soal 'Misteri' Motif Sambo Habisi Brigadir J

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 12 Agu 2022 08:00 WIB
Sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap mendatangi rumah eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Sejumlah anggota Propam Polri dan Inafis juga datang. (Nahda RU/detikcom)
Foto: Sejumlah anggota Brimob bersenjata lengkap mendatangi rumah eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Sejumlah anggota Propam Polri dan Inafis juga datang. (Nahda RU/detikcom)

Meski begitu, bukan berarti anak tak boleh menonton berita. Adapun cara mengatasi anak menonton berita sensitif dengan didampingi oleh orang tua, kemudian orang tua bisa menerjemahkan berita menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh anak.

"Bukan kita totalitas pokoknya anak tidak boleh menonton berita (takut) entar dia kenapa-kenapa, nggak juga sih. Itu adalah bagian dari hidup kita. Cuma perlu sensitivitas saja tentang perubahan ya terjadi pada anak dan kita harus siap membahasakan ulang sesuai dengan pemahaman anak," pungkas Nina.

Sebagai informasi, terdapat sejumlah faktor penentu tingkat kedewasaan, yaitu perkembangan fisik, kognitif, emosi, dan sosial. Sementara pada usia, kategori dewasa diperuntukkan untuk orang-orang berusia 19 tahun atau lebih.

Senada dengan laporan yang ditulis dalam laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Orang dewasa adalah mereka yang berusia 19 tahun, kecuali undang-undang suatu negara membatasi usia lebih dini atau lebih dari itu.


(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT