ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 09:05 WIB

Konsultasi Kesehatan

Anus Selalu Sakit Setiap Kentut, Ini Penyakit Apa Ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Ilustrasi anus sakit (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo Dok, mau tanya...

Keluhan saya, setiap saya kentut, anus selalu sakit. Rasanya nyeri sekali sampai saya harus mengangkat bokong. Ini penyakit apa ya, Dok?

DS (pria, 30 tahun)

Jawaban:

Rasa nyeri di anus dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya karena adanya luka di selaput lendir/mukosa anus yang disebut fisura ani. Selain itu, rasa nyeri juga dapat disebabkan oleh infeksi atau peradangan karena adanya benjolan, baik berupa polip maupun wasir.

Untuk memastikan hal tersebut, dibutuhkan pemeriksaan dan riwayat terkait sejak kapan rasa nyeri dirasakan, apakah BAB keras, apakah ada riwayat BAB berdarah, dan lain sebagainya.

Penanganan atau pengobatan untuk nyeri anus tergantung pada hasil diagnosis dokter terhadap pasien, dapat dilakukan dengan terapi pengobatan sampai kemungkinan tindakan operatif minimal invasive seperti dengan Laser Hemorrhoidoplasty untuk penanganan wasir.

Semoga jawabannya membantu ya. Sehat selalu.

dr Bobby Sugiharto, SpB

Dokter Spesialis Bedah Umum
RS Pondok Indah - Pondok Indah

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Hasil Penelusuran BPOM soal Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy di Hong Kong"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT