ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 14:15 WIB

Waspadai Ciri-ciri Asam Lambung Naik, Tak Hanya Mual dan Nyeri Perut

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Penyebab sakit perut setelah minum kopi Ciri-ciri asam lambung naik (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernahkah merasa perih di lambung atau kerap disebut sakit perut? Hati-hati, bisa saja gejala tersebut merupakan ciri-ciri asam lambung naik. Kondisi ini biasanya kerap disertai dengan rasa mual bahkan muntah.

Asam lambung sendiri merupakan cairan yang dihasilkan oleh sel-sel lambung. Cairan senyawa ini berguna untuk membantu sistem pencernaan, salah satunya membunuh kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh bersama makanan. Apabila produksi cairan senyawa ini berlebihan di dalam tubuh, efek sampingnya bisa membuat seseorang mengalami gangguan pencernaan.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam lambung naik, di antaranya pola makan yang buruk, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau berat badan berlebih. Namun, pada beberapa kasus penyebab tingginya asam lambung tidak dapat diidentifikasi atau disebut sebagai idiopatik.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

Asam lambung yang tinggi memiliki gejala yang sangat mirip dengan kondisi gangguan pencernaan lainnya. Namun, beberapa ciri-ciri asam lambung tinggi yang paling umum dirasakan oleh orang-orang adalah sebagai berikut:

  • Perut terasa tidak nyaman, biasanya bertambah parah ketika perut kosong
  • Mual atau muntah
  • Kembung
  • Diare
  • Nafsu makan menurun
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Risiko Asam Lambung Naik

Selain mengetahui ciri-ciri asam lambung, perlu diingat juga bahwa asam lambung yang diproduksi terlalu tinggi oleh tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Seseorang mungkin berisiko terkena penyakit berikut ketika tubuh memproduksi asam lambung secara berlebih.

Ulkus Peptikum

Ulkus peptikum adalah luka pada area lambung yang mungkin dapat berkembang ketika asam lambung mulai menggerogoti lapisan perut.

GERD

GERD atau gastroesofageal reflux disease adalah kondisi di mana asam lambung tinggi hingga ke kerongkongan.

Pendarahan Gastrointestinal

Kondisi saat saluran pencernaan seseorang yang memiliki asam lambung tinggi mengalami pendarahan.



Simak Video "Waspadai Ciri Penyakit Asam Lambung dan GERD"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT