ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Agu 2022 18:10 WIB

Menkes Klaim RI Masuk 5 Negara Penanganan Pandemi COVID-19 Terbaik

Vidya Pinandhita - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia masuk ke dalam daftar lima negara dengan penanganan pandemi COVID-19 terbaik. Hal itu disampaikannya terkait terkait Anggaran Kesehatan 2023.

"Anggaran sektor kesehatan naik kemudian turun. Kalau saya melihat ini adalah keberhasilan yang dilakukan oleh Indonesia. Pertama, kalau saya bandingkan dengan negara-negara lain, itu naiknya luar biasa tinggi," beber Menkes dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa (16/8/2022).


"Kita relatif naik dari 113 T ke 300 T, tapi naiknya kita jauh di bawah negara-negara lain. Itu kita berhasil mendapatkan lima negara terbaik dalam penanganan pandemi (COVID-19)," sambungnya.

Siap-siap 'Next Pandemi'

Lebih lanjut Menkes menjabarkan, anggaran tersebut mencakup rencana reformasi sistem kesehatan. Di antaranya, terkait upaya berjaga-jaga jika kelak pandemi datang lagi. Tak lain, dengan membangun laboratorium kesehatan di daerah-daerah.

"Transformasi layanan primer ini menjaga kita agar tetap hidup sehat. Kita akan revitalisasi 300 ribu posyandu, Puskesmas juga akan kita perbaiki, standar layanannya," ungkap Menkes.

"Laboratorium kesehatan masyarakat kita belajar dari kemarin akan kita bangun secara terstruktur di daerah-daerah sehingga nanti ada next pandemi kita lebih kuat dan masyarakat kita dijaga agar hidup sehat," pungkasnya.



Simak Video "Epidemiolog: Status Pandemi Dicabut Bukan Akhir dari Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT