Bikin Luna Maya Dilarikan ke RS, Kok Bisa Keripik Pedas Picu Sesak Napas?

ADVERTISEMENT

Bikin Luna Maya Dilarikan ke RS, Kok Bisa Keripik Pedas Picu Sesak Napas?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 18 Agu 2022 15:00 WIB
luna maya kesakitan
Foto: Instagram
Jakarta -

Luna Maya belum lama ini sempat bikin heboh lantaran terlihat mengerang kesakitan hingga dilarikan ke Rumah Sakit. Rupanya hal tersebut terjadi karena sang artis mengonsumsi one chip challenge atau keripik terpedas.

Akibatnya, Luna Maya mengalami sesak napas hingga sakit perut melilit usai mengonsumsi keripik tersebut. Artis sekaligus model cantik itu juga diketahui memiliki riwayat penyakit asma.

"Sesak napas," tutur Luna Maya sambil memegang obat inhaler, dikutip dari YouTube Bobon Santoso, Rabu (17/8/2022).

Bagaimana Bisa Makanan Pedas Memicu Sesak Napas?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, sesak napas bisa terjadi apabila asam lambung naik akibat mengonsumsi makanan pedas. Asam lambung yang meningkat tersebut awalnya mengiritasi lambung dan memicu rasa nyeri. Setelah itu, lambung akan mengeras akibat iritasi.

Secara anatomi lambung bersebelahan dengan diafragma (bagian bawah rongga dada atau paru-paru), sehingga saat orang bernapas otot-otot diafragma akan menekan lambung. Karena nyeri, maka otot-otot tersebut tidak dapat berkembang dengan baik dan memicu rasa sesak.

"Sesak napas akibat gangguan di lambung diakibatkan karena lambung langsung berbatasan dengan diafragma yang merupakan bagian bawah dari rongga dada atau bagian bawah dari paru. Saat asam lambung meningkat yang pada kasus Luna Maya akibat makanan terlalu pedas, maka lambung akan teriritasi yang mengakibatkan rasa nyeri. Lalu lambung akan mengeras akibat iritasi," tuturnya saat dihubungi detikcom, Rabu (17/8).

"Karena letaknya bersebelahan dengan diafragma, saat kita bernafas maka otot-otot diafragma akan menekan lambung. Karena nyeri, maka otot diafragma tidak dapat berkembang dengan baik, akibatnya akan timbul sesak. Sesak yang timbul akibat gangguan lambung diakibatkan karena secara anatomi letak lambung bersebelahan dengan diagfragma, jadi efeknya adalah sesak," ucap dr Aru.

NEXT: Pesan dokter dan dampak makan pedas pada lambung

Simak Video 'Kronologi Luna Maya Dibawa ke RS Gegara Makan Keripik Pedas':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT