Pakar Ungkap Tanda Ajal dari Hari ke Hari, Termasuk Lelah Sepanjang Waktu

ADVERTISEMENT

Pakar Ungkap Tanda Ajal dari Hari ke Hari, Termasuk Lelah Sepanjang Waktu

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 19 Agu 2022 07:30 WIB
ilustrasi sakit
Ilustrasi tanda-tanda ajal dari hari ke hari menurut ahli medis. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Seorang ahli medis menguak tanda-tanda orang terdekat akan menyambut kematian, khususnya dalam keadaan sakit berat. Menurutnya, tanda-tanda tersebut tak selalu mudah dikenal, namun penting untuk dikenali agar keluarga terdekat bisa waspada, nyaman, dan siap.

Menurut dr Carol DerSarkissian, tanda-tanda umumnya muncul beberapa bulan sebelum kematian dan bisa mencakup hal-hal sederhana seperti pasien yang tidur atau minum lebih banyak.Tanda-tanda awal lainnya berupa pasien menarik diri dan tidak lagi menikmati hal yang biasanya memberi mereka kesenangan.

Pada pasien berusia dewasa, umumnya menjadi kurang berbicara menjelang kematian. Namun lain halnya pada anak-anak, cenderung lebih banyak berbicara.

"Seseorang mungkin merasa lelah dan lelah sepanjang waktu, sehingga mereka tidak meninggalkan tempat tidur mereka," tertera dalam WebMD, mengacu pada paparan dr DerSarkissian, dikutip dari Mirror News UK, Jumat (19/8/2022).

Pasien juga mungkin mengalami lebih banyak rasa sakit. Kemungkinan, muncul juga perubahan pada tekanan darah, pernapasan, dan detak jantung.

Pada beberapa kasus, pasien dengan penyakit tertentu mengalami kebingungan, nampak lingkung, dan halusinasi.

Ketika pasien mendekati jam-jam kematian, suhu tubuh mereka mungkin turun. Hal itu dibarengi rasa tidak mau makan atau minum, berhenti buang air kecil dan buang air besar, dan merasa kesakitan.

Tanda-tandanya juga bisa berupa kulit di lutut, kaki, dan tangan menjadi ungu kebiruan dan muncul bintik-bintik.



Simak Video "Sebuah Studi Baru Ungkap Teori Penyebab Kematian Bruce Lee"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT