Sosok Winda Utami yang Viral 'Joget' Saat Terjemahkan Nyanyian Farel Prayoga

ADVERTISEMENT

Sosok Winda Utami yang Viral 'Joget' Saat Terjemahkan Nyanyian Farel Prayoga

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 19 Agu 2022 13:26 WIB
Winda Utami juru bahasa isyarat
Winda Utami juru bahasa isyarat HUT ke-77 RI. Foto: Tangkapan layar Instagram: @wind.utami (diambil atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Winda Utami, juru bahasa isyarat yang bertugas pada siaran langsung HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022), di Istana Negara, Jakarta Pusat, tengah viral di media sosial. Pasalnya, perempuan yang biasa dipanggil Winda ini, tampak ikut bergoyang menikmati lagu 'Ojo Dibandingke' yang dinyanyikan oleh penyanyi cilik Farel Prayoga dalam acara perayaan tersebut.

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2007 ini tampak asik bergoyang sambil menerjemahkan lagu dalam bahasa isyarat. Winda bercerita bahwa ia mulai belajar bahasa isyarat sejak tahun 2011.

"Saya baru belajar bahasa isyarat 2011, namun saat ini saya terus belajar lagi di tempat resmi bahasa isyarat," tuturnya dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2022).

viral bahasa isyaratWinda Utami. Foto: Tangkapan layar Youtube: Sekretariat Presiden

Winda sering terlibat dalam berbagai kegiatan dan acara sebagai juru bahasa isyarat. Termasuk kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintahan.

Menurutnya, kesempatan ini juga membuat orang-orang bisa lebih sadar tentang pengetahuan bahasa isyarat dan perhatian kepada orang-orang dengan kondisi tunarungu atau tuli.

"Orang dengar bisa lebih aware tentang tuli dan mau belajar isyarat, berikan kepercayaan dan kesempatan ke teman tuli, temen tuli banyak potensinya," ungkapnya.

"Semoga teman tuli bisa lebih mendapatkan akses, semisal konser musik dengan JBI, film Indonesia di kasih teks, jadi semua bisa menikmati," sambungnya.

NEXT: Alasan Joget sambil Menerjemahkan Bahasa Isyarat

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT