ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 14:39 WIB

MerdekaDariRasaSakit

Merdeka bagi Dokter: Berharap Angka Kesakitan & Kematian Menurun

Sukma Nur - detikHealth
Merdeka bagi Dokter Foto: detikcom
Jakarta -

Tanggal 17 Agustus menjadi hari perayaan yang ditunggu-tunggu bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semua bergembira dengan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia yang terlepas dari belenggu penjajah.

Namun, kemerdekaan bangsa Indonesia nyatanya belum usai. Hal tersebut disampaikan oleh dokter Citra Latika Agustia sebagai salah satu tenaga kesehatan di Indonesia. Menginjak usia 77 tahun, ia berharap Indonesia bisa terbebas dari kesakitan dan kematian akibat suatu penyakit.

"Merdeka menurut saya sebagai tenaga kesehatan Indonesia adalah di mana saya dapat memberikan edukasi yang maksimal, serta pengobatan yang maksimal juga menyeluruh setiap lapisan masyarakat Indonesia. Dengan harapan angka kesakitan juga kematian di Indonesia akibat suatu penyakit dapat menurun," ucap Citra, dikutip Jumat (19/8/2022).

Citra juga mengungkapkan momen yang paling membekas dalam ingatan nya saat perayaan Hari Kemerdekaan adalah banyak perlombaan yang digelar, sehingga menjadi momen bertemu dan berkumpul para warga.

"Biasanya lomba ya, lomba antar RT. Biasanya itu lombanya seperti makan kerupuk, terus masukin bendera ke botol, lomba masukin pensil ke botol terus lomba joget, terus warganya tuh pada ngumpul. Apalagi tetangga yang jarang ketemu jadi saling ketemu, jadi saling ngobrol," imbuh Citra.

Merdeka bagi DokterDokter Putri Windiani Haryono Foto: detikcom

Selain itu, Dokter Putri Windiani Haryono juga membagikan momen yang paling diingatnya saat perayaan Hari Kemerdekaan berlangsung adalah mengikuti perlombaan.

"Momen yang paling saya suka pada saat kemerdekaan adalah mengikuti lomba 17 Agustusan," katanya.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 hanya di sini!

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT