Wanti-wanti Satgas COVID-19 RI Saat 3 Negara Ini Diamuk Omicron BA.5

ADVERTISEMENT

Wanti-wanti Satgas COVID-19 RI Saat 3 Negara Ini Diamuk Omicron BA.5

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 27 Agu 2022 21:23 WIB
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 meminta pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk tetap mewaspadai risiko kenaikan kasus COVID-19. Saat ini, tiga negara tengah mengalami lonjakan kasus Corona, yakni Jepang, Amerika Serikat (AS), dan India.

Kenaikan kasus tertinggi terjadi di Jepang dengan total kasus mingguan per 21 Agustus 2022 sebesar 1,5 juta dalam satu minggu. Ini didominasi oleh kasus infeksi akibat varian BA.5.

"Kemudian Amerika Serikat (AS) juga melonjak kasusnya menjadi hampir 600 ribu kasus per minggu dan India sebesar 80 ribu kasus per minggu," beber Wiku dalam konferensi pers, Jumat (26/8/2022).

Wiku mengungkapkan kenaikan kasus di tiga negara itu disebabkan oleh banyak faktor, seperti longgarnya protokol kesehatan dan kemunculan varian baru. Seperti kemunculan varian BA.4.6 di AS dan varian BA.2.75 di India.

Sementara itu, Wiku mengungkapkan kondisi Corona di Indonesia masih tergolong rendah.

"Jika dibandingkan dengan ketiga negara tersebut, Indonesia masih jauh lebih rendah kasus mingguannya yaitu 32 ribu kasus dalam seminggu," kata Wiku.

"Namun, ini artinya Indonesia juga perlu waspada karena meningkatnya kasus di negara lain penting menjadi pengingat bahwa COVID-19 masih ada dan masih menjadi ancaman di dunia," sambungnya.

Meski kasusnya masih jauh lebih rendah dari tiga negara tersebut, Wiku meminta agar tetap waspada jika sewaktu-waktu kenaikan kasus terjadi lagi.

"Karena, tidak menutup kemungkinan lonjakan kasus akan terjadi kembali," pungkasnya.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT