Nah Loh! Kebiasaan Kucek-kucek Mata Ternyata Bahaya, Ini Wanti-wanti Dokter

ADVERTISEMENT

Nah Loh! Kebiasaan Kucek-kucek Mata Ternyata Bahaya, Ini Wanti-wanti Dokter

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Minggu, 28 Agu 2022 05:51 WIB
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home.
Kebiasaan mengucek mata berdampak fatal (Foto: iStock)
Jakarta -

Walaupun sepele, ternyata kebiasaan suka mengucek mata lama-lama bisa bahaya. Mata gatal atau kering pasti terasa tidak nyaman, maka dari itu orang-orang suka mengucek mata mereka untuk menghilangkan rasa tersebut.

Namun jika sering mengucek mata terutama saat terasa gatal, hal ini dapat menyebabkan mata menjadi merah. Hati-hati kemerahan pada mata dapat memicu gejala ablasio retina regmatogen.

Ablasio retina adalah robek atau lubangnya lapisan retina yang tipis dan berada di belakang bola mata. Sehingga mengakibatkan penglihatan mata berangsur-angsur menurun hingga kebutaan, hal ini juga memicu hilangnya nutrisi pada mata.

Selain itu retina juga tidak dapat dilihat secara kasat mata atau langsung, hanya dapat dilihat dengan cara pemeriksaan mata lebih lanjut.

"Ada tiga jenis ablasio retina, namun yang paling sering dikeluhkan adalah ablasio retina regmatogen. Sepele sih, kebanyakan bermula dari suka kucek mata dan endingnya berujung fatal," ujar dr Referano Agustiawan, SpM (K) dari JEC Menteng dalam diskusi Gangguan Darurat Fungsi Retina Ancam Penglihatan, Rabu (24/8/2022).

Selain itu, faktor lain yang jadi pemicu ablasio regmatogen ialah orang dengan minus tinggi hingga terkena benturan. Parahnya, dari tiga jenis ablasio retina, penyembuhan jenis regmatogen inilah yang membutuhkan operasi.

"Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau misalnya dalam sehari lagi sibuk banget natap layar, usahakan istirahatkan mata sekitar 20 menit. Karena siapa saja bisa terkena ablasio retina, nggak melulu orang lansia aja," jelasnya.



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT