Minum Apa Biar Usus Bersih? Ini 6 Ramuan Alami yang Bisa Dicoba

ADVERTISEMENT

Minum Apa Biar Usus Bersih? Ini 6 Ramuan Alami yang Bisa Dicoba

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Minggu, 04 Sep 2022 06:46 WIB
usus besar
Cara membersihkan usus besar. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Usus yang sehat bisa membantu sistem pencernaan berjalan lancar. Sebaliknya, jika kotor, ada kemungkinan berdampak buruk pada kesehatan seseorang, seperti mengalami sembelit hingga susah buang air besar.

Dikutip dari Healthline, salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus besar. Kesehatan usus besar menjadi bagian penting dari pencernaan. Ada cara mudah membersihkan usus besar yang bisa dilakukan di rumah.

1. Hidrasi tubuh

Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan perbanyak minum air putih. Air putih hangat juga terbukti baik untuk pencernaan.

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti buah dan sayuran. Misalnya, tomat, selada, hingga seledri.

2. Air garam

Sebelum sarapan, campurkan dua sendok teh garam dengan air hangat. Minum air dengan cepat saat perut kosong dan dalam beberapa menit kemungkinan akan muncul dorongan untuk buang air besar.

Lakukan ini di pagi dan sore hari serta pastikan kamu tidak sedang kesulitan mengakses toilet karena besar kemungkinan perlu pergi ke kamar mandi beberapa kali. Namun, perlu diingat bahwa hanya ada sedikit atau tidak ada bukti ilmiah terkait air asin untuk pembersihan usus besar sepenuhnya berhasil.

Jika tetap ingin mencoba membersihkan usus besar dengan air asin, langkah terbaik adalah berkonsultasi langsung dengan dokter.

3. Diet tinggi serat

Membersihkan usus besar juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Misalnya makanan nabati yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian.

Tumbuhan mengandung selulosa dan serat yang membantu mengatasi kelebihan materi di usus besar. Ini juga bisa bermanfaat sebagai prebiotik, mengatur sembelit dan usus yang terlalu aktif.

4. Jus dan smoothie

Jus adalah pembersih usus besar yang populer. Namun, tidak ada cukup penelitian tentang ini untuk usus besar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan risiko.

Meski begitu, asupan jus dalam jumlah sedang bisa bermanfaat bagi tubuh termasuk usus besar. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, membantu tubuh tetap terhidrasi.

Penelitian 2015 silam menemukan vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

Sementara smoothie, bisa lebih bermanfaat bagi usus besar dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ampas dan kulit biasanya hilang saat membuat jus, jus mengandung lebih sedikit serat. Serat sangat bagus untuk usus besar dan smoothie mengandung lebih banyak serat.

Kamu tidak perlu berpuasa dan hanya meminum jus atau smoothie seharian untuk membersihkan usus besar, coba saja masukkan menu tersebut dalam pola makan.



Simak Video "Spanyol Berhasil Lakukan Transplantasi Usus Bayi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT