7 Tanda Isyarat Usus Besar Minta Dibersihkan dan Cara Mudah Melakukannya

ADVERTISEMENT

7 Tanda Isyarat Usus Besar Minta Dibersihkan dan Cara Mudah Melakukannya

Fadilla Namira - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 06:00 WIB
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling.
7 Isyarat usus besar minta dibersihkan (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Usus Besar merupakan salah satu organ penyimpan banyak virus dan bakteri. Di sinilah feses ditumpuk sebelum akhirnya dikeluarkan melalui anus. Karenanya, tak menutup kemungkinan ia bisa terkontaminasi zat-zat berbahaya yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

Zat-zat ini akan berkembang dan mengakibatkan manusia terkena penyakit berbahaya, seperti kanker usus besar (kolorektal). Untuk itu, sedini mungkin manusia mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari hal tersebut terjadi.

Tubuh memiliki sinyal-sinyal yang dapat diberikan untuk mengetahui batas kenyamanan mereka, termasuk usus besar dalam sistem pencernaan. Berikut ini adalah 7 tanda kamu harus membersihkan usus besar dikutip dari Nulivscience:

Tanda-tanda Usus Besar Harus Segera Dibersihkan

1. Gangguan Pencernaan yang Sering

Apabila perut terasa memiliki gangguan, seperti kembung, kram, dan mulas secara konsisten, kamu perlu waspada. Sebab, usus sedang memberitahu bahwa terdapat ketidakseimbangan bakteri yang dapat mengurangi efektifitas kinerjanya.

2. Mood swing

Mood swings atau perubahan suasana hati merupakan salah satu tanda kamu harus membersihkan usus. Jika orang merasa susah bersemangat dan tidak bisa diprediksi, hati-hati ini adalah salah satu tanda gangguan pada usus.

Sebagian besar hormon serotonin diproduksi dalam usus. Hormon ini adalah salah satu cara utama tubuh mengatur emosi manusia. Jika usus mengalami sedang masalah, kadar serotonin jadi tidak seimbang sehingga orang akan lebih cepat tersinggung dan membawa perubahan suasana hati.

3. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Berat badan yang naik atau turun dalam skala kecil merupakan kondisi yang normal. Namun, bagaimana perubahan tersebut terjadi secara tiba-tiba dalam jumlah besar? Ada kemungkinan sistem pencernaan sedang tidak bekerja dengan baik. Hal tersebut bisa menghalangi kemampuan usus dalam menyerap nutrisi dan meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat.

4. Bolak-balik Buang Air

Sembelit dan diare adalah tanda pasti dari masalah usus yang kotor. Hal ini menyebabkan orang menggunakan toilet lebih sering dari biasanya sehingga memperlambat aktivitas sehari-hari.

5. Reaksi Makanan

Apakah kamu pernah mengalami reaksi perut kram, buang angin yang berlebihan, dan gangguan perut lainnya setelah mengonsumsi makanan tertentu? Jika hal ini terjadi lebih dari sekali, tampaknya usus sedang memberitahukan ia tidak bisa mencerna makanan tersebut sebaik yang seharusnya. Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi makanan lain yang bisa membersihkan usus besar.



Simak Video "Kurang Serat Harian, Penyebab Sembelit, dan Imunitas Menurun"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT