8 Bahan Alami Untuk Membersihkan Paru-paru, Bikin Napas jadi Plong

ADVERTISEMENT

8 Bahan Alami Untuk Membersihkan Paru-paru, Bikin Napas jadi Plong

Nurul Febian Danari - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 12:31 WIB
Memeriksa x-ray paru=paru manusia
Ilustrasi paru-paru. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Paru-paru rentan terhadap infeksi yang disebabkan karena polusi, perubahan iklim, paparan bahan kimia atau virus yang mematikan. Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu penyebab paru-paru rentan terhadap penyakit yang ditularkan oleh udara dan dapat mengakibatkan kanker paru-paru.

Dikutip dari India Times, berdasarkan statistik sekitar 4 juta orang meninggal karena penyakit pada pernapasan.

Berikut makanan-makanan yang dapat dikonsumsi untuk membersihkan paru-paru serta menjaganya tetap sehat:

Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh yang cukup populer dan mudah ditemukan untuk membersihkan paru-paru. Kaya akan polifenol, teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan paru-paru. Menurut penelitian dalam Journal of Nutrition, ada hubungan yang kuat antara teh hijau dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau penyakit pada paru-paru yang berkembang dalam jangka panjang. Dalam hal ini, dua penyakit yang utama adalah bronkitis kronis dan emfisema. Studi ini menemukan bahwa minum dua cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan resiko PPOK.

Jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang mudah ditemui dan paling populer untuk meredakan flu dan batuk. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan racun pada saluran pernapasan. Selain itu, jahe juga mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk potasium, magnesium, beta karoten dan zinc. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak jahe juga dikenal dapat membunuh sel kanker pada paru-paru.

Madu

Madu kaya akan kebaikan alami sebagai anti bakteri yang dapat membantu mengurangi rasa yang tidak nyaman pada penyakit pernapasan. Studi mengatakan bahwa setiap dosis madu yang dikonsumsi 30 menit sebelum tidur dapat meredakan batuk dan membantu mengatasi sulit tidur.

Apel

Riset menunjukkan, bahwa mengonsumsi apel dapat membantu untuk mendorong fungsi kerja paru-paru. Mengonsumsi apel juga dipercaya dapat menurunkan resiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan apel mengandung anti oksidan yang tinggi termasuk flavonoid dan vitamin C.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT