5 Makanan untuk Membersihkan Ginjal, Penangkal Racun dalam Tubuh

ADVERTISEMENT

5 Makanan untuk Membersihkan Ginjal, Penangkal Racun dalam Tubuh

Fadilla Namira - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 20:45 WIB
Female doctor touches virtual Bladder and Kidneys in hand. Blurred photo, handrawn human organ, highlighted red as symbol of disease. Healthcare hospital service concept stock photo
Makanan untuk membersihkan ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/mi-viri)

4. Delima

Delima atau pomegranate bukan makanan asing lagi di Indonesia. Buah yang berwarna merah terang ini sudah banyak diolah menjadi jus siap minum dan kue. Baik jus dan biji delima mengandung banyak potasium yang efektif dalam menghilangkan batu ginjal.

Pun kandungan kalium di dalamnya bisa menurunkan keasaman urine, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, membatasi kristalisasi mineral, dan membuang racun dan limbah dari ginjal.

5. Rumput Laut

Rumput laut, terutama rumput laut coklat (phaephyceae) telah diteliti memberikan efek menguntungkan pada pankreas, ginjal, dan hati. Dalam studi pada 2014, hewan yang diberi makan rumput laut selama 22 hari menunjukkan penurunan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

Selain dikonsumsi begitu saja (mentah), rekomendasi makanan untuk membersihkan ginjal di atas bisa diolah menjadi jus segar, salad buah, dan makanan sehat lainnya. Apalagi, bahan makanan tersebut tidak sulit didapatkan di Indonesia sebagai negara tropis.

Namun, perhatikan pula untuk mencukupi asupan cairan tubuh agar membantu kerja ginjal lebih baik. Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, manusia sebaiknya minum delapan gelas sehari untuk mencegah infeksi ginjal.



Simak Video "Beda Gagal Ginjal Akut dan Kronis"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT