7 Makanan untuk Membersihkan Pembuluh Darah, Cegah Sakit Jantung-Ginjal

ADVERTISEMENT

7 Makanan untuk Membersihkan Pembuluh Darah, Cegah Sakit Jantung-Ginjal

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 07:32 WIB
Garlic on wooden cutting board
Makanan untuk membersihkan pembuluh darah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita)

5. Ikan

Ikan memiliki banyak kandungan omega 3 yang telah terbukti menurunkan kadar trigliserida (lemak) darah dan hipertensi. Hal tersebut berdampak baik karena membantu kinerja hati dan ginjal menjadi lebih mudah. Walaupun begitu, mengonsumsi terlalu banyak ikan akan membuat ginjal bekerja keras supaya memecah protein di dalamnya.

6. Kopi

Studi pada 2014, menunjukkan bahwa minum kopi menurunkan risiko sirosis pada penyakit hati kronis dan mengurangi gejala kanker hati. Ia bersifat antivirus dan mencegah akumulasi lemak serta kolagen di hati sehingga baik dikonsumsi bagi pengidap hepatitis C.

7. Air Mineral

Hidrasi yang baik adalah kunci bagi kesehatan organ tubuh. Air membantu menyeimbangkan pH darah dan menambah oksigen ke dalam otak. Minum air yang cukup membantu ginjal menyaring limbah dari darah sehingga meminimalisir penumpukan plak di arteri.

Jadi, bahan makanan apa yang menjadi favoritmu? Perlu diingat sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan justru bisa menjadi bumerang bagi manusia. Konsumsilah rekomendasi makanan untuk membersihkan pembuluh darah secukupnya dan dibarengi dengan gerak tubuh.



Simak Video "Kiat Menjaga Jantung Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT