Dialami Reza Gunawan Sebelum Meninggal, Bisakah Stroke Perdarahan Sembuh Total?

ADVERTISEMENT

Dialami Reza Gunawan Sebelum Meninggal, Bisakah Stroke Perdarahan Sembuh Total?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jumat, 09 Sep 2022 14:01 WIB
Reza Gunawan dan Dewi Dee Lestari
Reza Gunawan mengalami perdarahan otak. (Foto: Instagram @rezagunawan)
Jakarta -

Reza Gunawan, suami Dee Lestari tutup usia di Selasa (6/9/2022) usai mengalami stroke perdarahan. Pria 46 tahun tersebut sempat dirawat di rumah sakit dan disebut akan menjalani masa pemulihan yang panjang.

Kabar meninggalnya Reza Gunawan dikonfirmasi langsung perwakilan keluarga, Sari. Di luar kasus tersebut, apakah pasien dengan stroke perdarahan bisa sembuh total?

Dr dr Setyo Widi Nugroho SpBS(K) Ketua Departemen Bedah Saraf FKUI/RSCM menjelaskan kemungkinan kesembuhan total pasien stroke perdarahan bergantung pada masing-masing kondisinya. Dalam beberapa kasus, bukan mustahil hal tersebut terjadi.

Tentu saja, lebih cepat penanganan dan deteksi awal dilakukan, kemungkinan pasien pulih total lebih tinggi. dr Setyo juga menekankan pulihnya pasien dari stroke perdarahan bergantung pada seberapa luas perdarahan terjadi.

"Tergantung lokasi dan luasnya perdarahan, bila bukan di daerah yang penting, misalnya bagian otak yang mengontrol gerak tubuh, pusat bicara, pusat penglihatan, atau di batang otak masih memungkinkan untuk sembuh total," kata dr Setyo kepada detikcom Kamis (8/9/2022).


"Tentunya apabila penanganannya cepat dan baik," sambung dia.

Lebih lanjut, dr Setyo menjelaskan alasan di balik banyaknya usia muda terkena stroke perdarahan adalah kebiasaan atau gaya hidup. Namun, riwayat hipertensi menjadi penyebab paling banyak kasus stroke perdarahan di kelompok usia tersebut.

"Paling sering karena hipertensi, pola hidup kurang gerak tentunya bisa mengakibatkan kesehatan umum yang kurang baik, bila berakibat hipertensi akan bisa mengakibatkan stroke perdarahan," pungkas dia.



Simak Video "RS PON Ajak Masyarakat Jalan Sehat dalam Memperingati World Stroke Day"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT