7 Makanan untuk Membersihkan Otak dan Saraf Biar Makin Fokus

ADVERTISEMENT

7 Makanan untuk Membersihkan Otak dan Saraf Biar Makin Fokus

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 09 Sep 2022 21:00 WIB
Vital procedure. Beautiful dark-haired woman lying on an examination table and undergoing electroencephalography while her doctor examining CT results
Makanan untuk membersihkan otak (Foto: iStock)

6. Telur

Apakah telur menjadi makanan favoritmu? Jika iya itu adalah kabar baik! Sebab, telur memiliki zat-zat bernutrisi untuk kesehatan otak dan saraf. Dalam sebutir telur terdapat vitamin B6, B12, folat, dan kolin.

Kolin adalah mikronutrien (zat gizi) penting yang digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin alami dan neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati serta memori.

Ahli gizi menyarankan wanita mencukupi kebutuhan kolin sebanyak 425 mg per hari, sedangkan untuk pria 550 mg per hari. Diteliti lebih lanjut, kebutuhan ini ternyata ada dalam 3-4 kuning telur.

7. Kunyit

Kandungan kurkuma pada kunyit berperan penting dalam pembersihkan plak amiloid (protein) pada saraf yang menjadi penyebab alzheimer. Tidak hanya itu, ia berguna untuk meningkatkan hormon serotonin dan dopamin. Hormon ini menyebabkan seseorang merasa bahagia dan mencegah depresi.

Sebagai pendukung, sering-seringlah lakukan senam otak, seperti bermain puzzle, belajar bahasa baru, meditasi, ataupun mendengarkan musik agar menjaga otot-otot kognitif bekerja dengan baik dan normal.



Simak Video "Studi Sebut Diet Rendah Lemak Lebih Efektif Dibandingkan Keto"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT