Muka Kusam Bikin Bete? Dokter Bagikan 3 Tips Wajah Agar Tetap Awet Muda

ADVERTISEMENT

Muka Kusam Bikin Bete? Dokter Bagikan 3 Tips Wajah Agar Tetap Awet Muda

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 11 Sep 2022 14:13 WIB
Beautiful young asian woman looking the mirror and touch face is a acne, zit treatment, beauty girl problem beauty and skin with wrinkled on facial in the room at home, makeup and cosmetic concept.
Perawatan kulit (Foto: Getty Images/iStockphoto/narith_2527)
Jakarta -

Terkena paparan sinar matahari atau cahaya dari gawai seperti laptop atau ponsel memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan kulit terutama wajah. Jika tidak dirawat dengan baik, wajah akan kusam hingga muncul flek hitam.

Salah satu cara merawat kesehatan kulit adalah melakukan perawatan rutin seperti menggunakan sunscreen sebelum memulai aktivitas. dr Olivia Ong, M.Biomed (AAM) dari Jakarta Aesthetic Clinic membagikan tahapan perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya guna menjaga kulit agar tetap sehat khususnya bagi kulit orang Indonesia.

1. Cleanser

Menurut dr Olivia, cleanser menjadi hal wajib yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk mengangkat noda bekas polusi yang bercampur dalam riasan wajah.

"Waktu pakai cleanser juga harus tahu caranya. Kalau pakai foundation berarti triple cleanser, kalau cuma sunscreen dan bedak double cleanser. Tapi pagi-pagi pakai facial cleanser aja cukup," ujarnya ketika ditemui di kawasan Jakarta Selatan Kamis (8/9/2022).

2. Toner

Saat pagi hari, toner wajib digunakan karena setelah mandi, kulit terkena air yang memiliki pH yang tinggi yang bisa menyebabkan kulit kering.

"Kulit terakhir terkena air yang punya pH tinggi, in long run, kita akan menua dan kulit jadi kering. Nah toner itu menyeimbangkan pH dari air sehingga nggak panas nantinya," jelasnya.

3. Pore Treatment dan Sunscreen

dr Olivia menjelaskan kulit masyarakat Indonesia mengalami beberapa penyumbatan yang disebabkan karena polusi udara dan cahaya biru dari gawai.

"Orang kita (Indonesia) punya banyak sumbatan jadi butuh pore treatment dan sunscreen biar nggak kusam dan berkomedo," ucapnya.

Tak hanya itu, dr Olivia mengingatkan untuk masyarakat Indonesia memilih penggunaan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit dan coba memakainya secara bertahap.

"Kalau masalah kulit itu banyak sumbatan, pori-pori, dan minyak. Kemudian tambah masalah lagi dengan pakai skincare yang nggak sesuai. Jadi back to basic dulu dengan bersihin pakai cleanser yang gentle, yang tepat. Jangan lupa pake sunscreen tiap hari," pesannya.



Simak Video "Pencarian Serum Pria di Google Meningkat 57 Persen pada Tahun 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT