6 Makanan untuk Membersihkan Rahim, Dipercaya Bikin Cepat Hamil

ADVERTISEMENT

6 Makanan untuk Membersihkan Rahim, Dipercaya Bikin Cepat Hamil

Fadilla Namira - detikHealth
Minggu, 11 Sep 2022 18:30 WIB
Tes kehamilan
Makanan untuk membersihkan rahim (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Banyak faktor mengapa wanita perlu melakukan pembersihan rahim secara alami, seperti mempersiapkan pembuahan atau Promil (program hamil), pasca haid, atau membersihkan rahim setelah keguguran. Agar hasilnya maksimal, cobalah cara alami dengan menyantap makanan untuk membersihkan rahim secara rutin.

Selain cara tersebut, ada pembedahan medis yang dikenal dengan Scooping. Dalam prosedur ini, serviks dilebarkan dengan menggunakan zat medis. Lalu, sebuah tabung dimasukkan ke dalam rahim untuk membersihkannya dari "zat kotor". Namun, efeknya bisa terjadi pendarahan, bahkan kelahiran prematur. Oleh karena itu, metode alami dianjurkan karena lebih menjamin tidak ada komplikasi.

Makanan pembersih rahim mengandung banyak antioksidan dan konsentrasi mineral besi. Zat tersebut bekerja sama dengan hati untuk mendetoksifikasi dan membersihkan berbagai jaringan dan organ tubuh. Berikut adalah beberapa contoh bahan makanan yang dapat membantu membersihkan rahim.

Makanan untuk Membersihkan Rahim

1. Ikan

Ikan yang hidup di perairan dingin, seperti makarel, salmon, tenggiri, dan kembung kaya akan asam lemak esensial omega 3. Mereka membantu mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh wanita. Prostaglandin adalah senyawa mirip hormon yang dapat menyebabkan kontraksi rahim yang parah.

2. Jahe

Jahe mengandung zat antioksidan yang tinggi. Mereka memperlancar aliran darah dalam tubuh dan memastikan darah tersebut tercukupi ke rahim. Salah satu rempah terbanyak di Indonesia ini bekerja dalam darah untuk membersihkan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Telur

Sumber omega 3 lain untuk membersihkan rahim adalah telur. Telur mengandung banyak protein yang sempurna dan kolin untuk memberikan rahim yang sehat. Kolin berguna menurunkan risiko Neural Tube Defects (NTD)-penyakit kelainan saraf- dan memastikan keseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, telur sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena memiliki banyak asam amino untuk perkembangan janin.

4. Lemon

Seperti diketahui, lemon punya vitamin C yang melimpah untuk meningkatkan imun tubuh manusia. Ketika vitamin ini tercukupi, rahim akan lebih siap untuk menangkal bakteri sehingga mencegah infeksi. Dikutip dari Stylecraze, konsumsi lemon hangat secara rutin untuk menjaga kesehatan rahim.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT