ADVERTISEMENT

Minggu, 11 Sep 2022 19:00 WIB

9 Tanda Usus Besar Minta Dibersihkan, Salah Satunya Susah Konsentrasi

Nurul Febian Danari - detikHealth
Concept Burnout Syndrome. Business Woman feels uncomfortable working. Which is caused by stress, accumulated from unsuccessful work And less resting body. Consult a specialist psychiatrist Tanda-tanda usus besar minta dibersihkan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Jirapong Manustrong)
Jakarta -

Usus besar adalah salah satu organ pencernaan yang menjadi tempat penumpukan feses sebelum dikeluarkan melalui anus. Hal ini memungkinkan usus besar terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Zat-zat itulah yang kemudian dapat menyebabkan penyakit seperti kanker usus besar.

Namun, tubuh memiliki kemampuan otomatis pada batas kenyamanan mereka dan dapat memberikan sinyal ketika ada yang tidak beres dalam tubuh, termasuk usus besar. Menurut beberapa sumber, berikut tanda-tanda usus besar harus segera dibersihkan:

Tanda-tanda Usus Besar Harus Segera Dibersihkan

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan salah satu tanda masalah pada usus besar. Gangguan yang sering terjadi adalan kembung, kram, diare. Hal ini bisa terjadi karena penyumbatan pada usus besar akibat kurangnya asupan serat, atau ketidakseimbangan bakteri sehingga efektifitas kerjanya berkurang.

Jika gangguan pencernaan ini hanya terjadi sesekali, ini adalah hal yang wajar. Tetapi jika terjadi beberapa kali dalam seminggu, maka memungkinkan adanya masalah pada usus besar yang perlu diperhatikan.

2. Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati secara cepat merupakan salah satu tanda usus harus dibersihkan. Hormon serotonin merupakan hormon yang dapat mengatur emosi. Hormon ini diproduksi dalam tubuh pada usus. Peradangan atau masalah lain pada usus dapat menyebabkan kadar serotonin tidak seimbang sehingga terbawa pada emosi atau suasana hati.

3. Berat Badan Bertambah

Kebiasaan makan yang tidak teratur memungkinkan berat badan menjadi tidak teratur pula. Namun, jika asupan makanan dan jumlah kalori sudah diperhatikan, tetapi tubuh tetap mengalami kenaikan berat badan yang drastis, ada kemungkinan sistem pencernaan sedang tidak bekerja dengan baik sehingga usus tidak dapat menyerap nutrisi dan meningkatkan pertumbuhan bakteri jahat. Ini dapat memicu kondisi perut yang tidak nyaman dan juga menambah berat bedan secara dratis.

4. Bolak-balik Buang Air

Sembelit atau diare adalah tanda pasti adanya masalah pada usus yang kotor. Ini membuat seringnya keluar masuk toilet karena kondisi pencernaan yang tidak baik. Selain itu, hal ini dapat memperlambat aktivitas sehari-hari.

5. Reaksi Makanan

Reaksi perut kram, buang angin yang berlebihan, dan gangguan perut lainnya terhadap makanan tertentu lebih dari sekali, bisa jadi usus sedang mengirimkan sinyal apda tubuh bahwa makanan yang dikonsumsi tidak bisa dicerna sebaik biasanya. Oleh sebab itu, cobalah mengonsumsi makanan lain yang mudah dicerna dan dapat membersihkan usus.

6. Terlalu Banyak Asupan Manis

Usus tidak memiliki cukup bakteri baik untuk menakar kadar gula yang dibutuhkan dalam usus sehingga menyebabkan ketergantungan gula. Namun, terlalu banyak gula yang dikonsumsi, dapat berakibat fatal karena merupakan salah satu gejala awal munculnya peradangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT