ADVERTISEMENT

Kamis, 15 Sep 2022 09:03 WIB

Dokter Menjawab

Bisakah Kurangi Makan Jadi 1 Kali Sehari Bisa Turunkan Lemak di Tubuh Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi diet atau perut buncit (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/AJ_Watt)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya berencana mau menurunkan kadar lemak dalam tubuh, agar perut tidak semakin buncit. Apakah mengurangi makan nasi menjadi 1 kali sehari dan akan malam dengan buah dan camilan ringan dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh?

Bagaimana cara yang benar untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, Dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Sela (wanita, 28 tahun)

Jawaban:

Untuk menurunkan massa lemak, pada umumnya memang menggunakan prinsip defisit kalori, tetapi sebaiknya jumlah kalori dan jenis makanan juga disesuaikan agar didapatkan kebutuhan nutrisi yang sesuai dan target yang diinginkan tercapai.

Selain itu, olahraga memegang peranan penting dalam pembakaran kalori dan lemak. Untuk target pembakaran lemak, disarankan untuk kombinasi antara latihan cardio dan latihan beban.

Latihan cardio bisa berupa jalan cepat, jogging, berenang, sepeda, dengan intensitas sedang selama 30-60 menit sebanyak 3-5 kali/minggu. Bisa melakukan olahraga cardio dengan rentang denyut nadi (heart rate) 125-144 denyut/menit.

Olahraga beban, bisa dimulai dengan menggunakan beban tubuh sendiri, seperti wall push up, sit up, squat, dan lainnya sebanyak 2 - 3 set dengan 8 - 10 repetisi setiap set-nya.

Sebelum olahraga, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit, tidur cukup, dan memastikan asupan cairan yang baik selama berolahraga.

Apabila ingin berkonsultasi terkait kebutuhan nutrisi dan olahraga, dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik dan dokter spesialis kedokteran olahraga.

dr Grace Joselini Corlesa, SpKO, MMRS

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Sport Medicine, Injury, and Recovery Center

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Ahli Gizi Jawab soal Diet Harus Batasi Garam dan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT