7 Makanan Pembersih Paru-paru, Napas Jadi Lebih Nyaman Anti Ngos-ngosan

ADVERTISEMENT

7 Makanan Pembersih Paru-paru, Napas Jadi Lebih Nyaman Anti Ngos-ngosan

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 22 Sep 2022 05:00 WIB
ilustrasi diet detikHealth
Diet untuk membersihkan paru-paru (Foto: infografis detikHealth)

6. Kopi

Selain meningkatkan energi, kandungan kafein dan antioksidan dalam kopi juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan paru-paru. Hal ini juga bisa meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan melindunginya dari berbagai penyakit.

Kafein juga bertindak sebagai vasodilator yang berguna untuk membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi gejala asma pada pengidapnya walaupun dalam jangka pendek.

7. Daging Labu

Daging labu yang berwarna kuning cerah mengandung senyawa karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Sebuah studi menyebut kadar karotenoid dalam darah yang tinggi menjadikan kinerja paru-paru menjadi lebih baik. Mereka yang aktif merokok mempunyai konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen lebih rendah dan dapat membahayakan kesehatan pernapasan.

Selain 7 makanan di atas, mengonsumsi 8 gelas air mineral dalam sehari bisa membantu membersihkan paru-paru dari lendir yang ada di dalamnya. Bagi seseorang yang sedang batuk, konsumsi air mineral yang hangat bisa membantu membersihkan lendir tersebut.

Saksikan Juga Video Viral: Aksi Fans One Piece, Bagi-bagi Nasi Gratis


(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT