dr Boyke Sentil Guru SMA yang Cek CD Siswi Demi Buktikan Haid

ADVERTISEMENT

ROUND UP

dr Boyke Sentil Guru SMA yang Cek CD Siswi Demi Buktikan Haid

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 23 Sep 2022 07:31 WIB
Pemerhati seks dan keharmonisan rumah tangga, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, menyebut posisi lotus punya kelebihan lain. Penasaran?
dr Boyke Dian Nugraha. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Heboh kabar guru SMAN 1 Dramaga Kabupaten Bogor melakukan pemeriksaan terhadap siswi-siswi yang bolos aktivitas ibadah dengan alasan sedang menstruasi. Beredar kabar, guru tersebut mengecek celana dalam dan meraba-raba rok siswi dalam melakukan pengecekan.

Pihak sekolah menjelaskan, memang benar sempat ada pemeriksaan pada siswi-siswi yang mengaku sedang menstruasi sehingga bolos aktivitas ibadah. Sebab, setiap Jumat, sekolah menggelar salat Duha berjemaah. Namun disebutkan, tidak pernah ada pengecekan celana dalam siswi.

"Terus ketahuan tuh yang tidak pakai mukena dan seterusnya. Sehingga oleh ibu gurunya mau ngetes kejujuran anak-anak," ujar Baitul Harahap saat dihubungi, dikutip dari detikNews, Kamis (22/9/2022).

Para siswi yang tidak salat dikumpulkan oleh guru perempuan di sebuah ruangan. Guru tersebut kemudian menanyakan apakah siswi yang tidak ikut salat tersebut benar-benar sedang menstruasi. Harahap menjelaskan, pihaknya melakukan pemeriksaan dengan cara meraba bagian rok belakang siswi. Tindakan tersebut dilakukan oleh sesama murid perempuan.

Menanggapi kabar tersebut, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG menegaskan jika pemeriksaan menstruasi diperlukan, hanya bisa dilakukan dengan cara melihat benar-benar darah pada pembalut wanita. Tindakan memegang rok wanita untuk memastikan ada pembalut disebutnya merupakan pelecehan seksual.

"Tidak pantas dia melihat organ-organ, biarpun itu guru seorang wanita membuka roknya kemudian diangkat (atau) disingkap itu juga nggak pantas. Kalau memang mau membuktikan, salah satunya tidak langsung ke sana, melainkan menggunakan pembalut. Pembalutnya dikasih, tapi setelah itu ya disuruh ganti pembalutnya. Karena nggak bisa cara-cara yang lain, itu nggak bisa," tegasnya pada detikcom, Kamis (22/9).

"Nggak benar itu (dipegang roknya), itu disebut dengan pelecehan seksual," jelas dr Boyke lebih lanjut.

NEXT: Cara cek menstruasi menurut dr Boyke



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT