dr Boyke Sentil Guru SMA yang Cek CD Siswi Demi Buktikan Haid

ADVERTISEMENT

ROUND UP

dr Boyke Sentil Guru SMA yang Cek CD Siswi Demi Buktikan Haid

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 23 Sep 2022 07:31 WIB
Pemerhati seks dan keharmonisan rumah tangga, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, menyebut posisi lotus punya kelebihan lain. Penasaran?
dr Boyke Dian Nugraha. Foto: Agung Pambudhy

Adakah Tanda Wanita Sedang Haid?

dr Boyke menegaskan, satu-satunya cara untuk memastikan perempuan sedang menstruasi adalah dengan melihat darah pada pembalut. Tindakan mengecek organ intim dan celana dalam, serta meraba-raba rok bukan cara untuk mengecek menstruasi, melainkan tindakan pelecehan seksual.

"Menurut saya cara seperti itu tidak betul, melihat organ intim wanita biarpun itu sesama wanita (atau) melihat organ intim pria walaupun itu sesama pria. Itu tidak boleh," sambung dr Boyke.

dr Boyke menjelaskan, tidak ada tanda seorang perempuan sedang menstruasi, termasuk pada fisik. Gejala berupa sakit kepala hingga kram perut imbas menstruasi pun tidak dialami semua wanita. Walhasil, gejala-gejala tersebut tidak bisa diasumsikan sebagai tanda pasti seorang perempuan sedang menstruasi.

"Itu (sakit kepala dan nyeri perut) namanya premenstrual syndrome. Tapi itu tidak selalu ada. Ada yang mensnya nggak apa-apa. Mens itu namanya kadar sakitnya itu dari mulai yang paling ringan sampai yang paling berat. Sampai nggak bisa sekolah, sampai nggak bisa bangun, sampai harus istirahat. Itu ada. Dari mulai yang paling ringan sama sekali nggak ada (rasa sakit)," jelasnya.

"Jadi kita nggak bisa membedakan apakah itu sakitnya karena menstruasi atau bukan. Nggak bisa dipukul rata. Kalau dia pusing, apakah itu karena mens? Bisa saja karena darah rendah, karena belum makan, atau karena masuk angin," pungkasnya.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]

(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT