Apa Itu Sifilis? Penyebab Bintang Film Dewasa Ketakutan Sampai Mogok Kerja

ADVERTISEMENT

Apa Itu Sifilis? Penyebab Bintang Film Dewasa Ketakutan Sampai Mogok Kerja

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 07:01 WIB
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Wabah sifilis yang terjadi di Eropa membuat sejumlah bintang film dewasa memutuskan untuk berhenti bekerja. Mereka ketakutan tertular penyakit menular seksual itu.

Sifilis adalah penyakit yang awalnya muncul sebagai luka genital tetapi pada akhirnya dapat menyebabkan gejala parah dan kematian jika tidak diobati. Sifilis dimulai dengan luka pada alat kelamin, rektum, atau mulut.

Tanpa pengobatan, sifilis dapat merusak jantung, otak atau organ lain, dan dapat mengancam jiwa.

Dikutip dari Mayo Clinic, sifilis berkembang secara bertahap, dan gejalanya bervariasi. Tetapi tahapannya mungkin tumpang tindih, dan gejalanya tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama.

Seseorang mungkin terinfeksi sifilis tanpa adanya gejala selama bertahun-tahun.

Komplikasi sifilis

Sekitar 15 sampai 30 persen orang yang terinfeksi sifilis dan tidak mendapatkan pengobatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai sifilis tersier.

Pada stadium lanjut, penyakit ini dapat merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan persendian. Masalah-masalah ini dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi yang tidak diobati.

Pada tahap apa pun, sifilis dapat menyebar dan, di antara kerusakan lainnya, menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf serta mata.

Next: Apa saja pemicu sifilis?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT