Menkes Ungkap Kabar Baik soal Pandemi COVID-19 Buat RI dari WHO

ADVERTISEMENT

Menkes Ungkap Kabar Baik soal Pandemi COVID-19 Buat RI dari WHO

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 15:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan telah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. Hal ini terkait kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Menurut Menkes Budi, WHO baru memberikan izin jika pemerintah Indonesia melonggarkan sejumlah kebijakan terkait protokol kesehatan COVID-19.

"Pak Presiden meminta saya konsultasi dengan Dirjen WHO. Dirjen WHO bilang, kalau ada kebijakan-kebijakan lokal mengenai pengurangan pengetatan dari protokol kesehatan bisa dilakukan," kata Menkes Budi yang dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (4/10/2022).

Namun, itu belum termasuk pencabutan status pandemi COVID-19. Sebab, Menkes Budi mengatakan itu adalah wewenang dari pihak WHO.

"Khusus mengenai pandemi ini, sifatnya dunia nanti WHO yang akan memberikan timing-nya kapan," beber Menkes Budi.

"Itu kan pandemi di WHO ada namanya public health emergency of international concern (PHEIC). Itu nanti biasanya kapan dicabutnya dia yang akan meresmikan," lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menyinggung kemungkinan akan dicabutnya status pandemi pada COVID-19 dalam waktu dekat.

"Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," pungkas Presiden Jokowi pada Senin (3/10/2022).



Simak Video "Satgas Covid-19: Kita Perlu Berhati-hati dalam Memaknai Akhir Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT