Benarkah Bentuk Puting Pengaruhi Kelancaran ASI? Begini Kata Konselor Laktasi

ADVERTISEMENT

Benarkah Bentuk Puting Pengaruhi Kelancaran ASI? Begini Kata Konselor Laktasi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 06:30 WIB
diskon berdasarkan ukuran payudara
Bentuk dan ukuran payudara (Foto: Istock)
Jakarta -

Beberapa kondisi pada ibu menyusui dapat menyebabkan ASI mampet atau tidak lancar. Kondisi seperti seperti stres, efek samping obat, kurang istirahat, dan pola makan yang tidak teratur dan seimbang dapat menjadi faktor kurangnya produksi ASI.

Lantas, apakah bentuk puting dan payudara mempengaruhi kelancaran produksi ASI?

"Bentuk puting normal, pendek, inverted, retracted, flat dll tetap bisa menyusui karena perlekatan bayi menyusu tidak hanya di puting namun sebagian besar areola masuk kedalam mulut bayi," kata konselor laktasi dr Ameetha Drupadi, CIMI, kepada detikcom, Selasa (4/10/2022).

Terkait ASI mampet, dokter yang berpraktik di RS Mayapada ini mengatakan memang dibutuhkan waktu untuk belajar bagi ibu dan bayi dalam proses menyusui terutama posisi dan perlekatan yang benar.

"Butuh pendampingan atau bantuan konselor laktasi agar berhasil mengASIhinya," tambahnya jika terjadi kesulitan dalam memberikan ASI.

Senada dengan komentar sebelumnya, Lisna Fajriah, Amd.Keb seorang konselor laktasi di RS Hermina Bogor menyatakan bentuk puting maupun payudara tidak menjadi hambatan pada pengeluaran ASI.

"Bentuk puting maupun payudara bukan hal yang menjadi hambatan pengeluaran ASI," katanya kepada detikcom, Selasa (4/10).

"Ibu dapat meminta bimbingan konselor laktasi untuk posisi menyusui bayi yang tepat," pungkasnya.



Simak Video "Bolehkah Penderita Kanker Payudara Berikan ASI untuk Bayi?"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT