Ciri-ciri Psikologis Terganggu, Dialami Rizky Billar Sampai Mangkir Pemeriksaan

ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Psikologis Terganggu, Dialami Rizky Billar Sampai Mangkir Pemeriksaan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 17:00 WIB
Rizky Billar
Rizky Billar dan Lesti Kejora (Foto: Instagram/@rizkybillar)
Jakarta -

Rizky Billar mangkir dari panggilan pemeriksaan terkait kasus dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap Lesti Kejora. Billar seharusnya menjalani pemeriksaan pada hari ini di Polres Metro Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB.

Meski begitu, pihak kuasa hukumnya datang dan menyatakan jika Rizky Billar tak dapat hadir lantaran psikisnya terganggu.

"Nggak datang, sakit, psikisnya terganggu," ujar Ade Erpil di Polres Metro Jakarta Selatan, dikutip detikHot, Kamis (6/10/2022).

Berbicara tentang psikologis terganggu, ini sebenarnya suatu kondisi yang umum terjadi. Sama seperti penyakit pada fisik, gangguan kesehatan mental juga perlu diatasi, agar tidak mengganggu kualitas hidup pengidapnya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui jika seseorang mengalaminya? Dikutip dari American Psychiatric Association, berikut ciri-ciri psikologis seseorang terganggu.

Ketakutan atau kegelisahan yang berlebihan. Seseorang menjadi sering merasa takut, cemas, gugup, atau panik berlebihan, bahkan pada hal sepele.

Perubahan suasana hati. Bisa berupa kesedihan yang mendalam, ketidakmampuan untuk mengekspresikan kegembiraan, ketidakpedulian terhadap situasi, perasaan putus asa, tawa pada waktu yang tidak tepat tanpa alasan yang jelas, atau pikiran untuk bunuh diri.

Masalah berpikir. Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau masalah dengan ingatan, pikiran, atau ucapan yang sulit dijelaskan.

Perubahan tidur atau nafsu makan. Kebiasaan tidur dan makan yang berubah secara dramatis (bisa lebih atau kurang) dari biasanya. Biasanya juga disertai kenaikan atau penurunan berat badan yang cepat.

Penarikan diri. Sering duduk dan tidak melakukan apa-apa untuk waktu yang lama, atau berhenti dari aktivitas yang sebelumnya dinikmati.

Meski begitu, kehadiran satu atau dua dari tanda psikologis terganggu saja tidak berarti bahwa seseorang memiliki penyakit mental, sehingga memerlukan evaluasi lebih lanjut.

Begitu juga penyebab dari psikologis terganggu biasanya dari berbagai faktor, seperti pengalaman hidup, faktor biologis, hingga genetik.



Simak Video "Penjelasan Pakar Ekspresi soal Wajah Tegang Ayah Lesti Kejora"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT