11 Hal Ini Disebut-sebut Tanda Kematian Sudah Dekat

ADVERTISEMENT

11 Hal Ini Disebut-sebut Tanda Kematian Sudah Dekat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 09 Okt 2022 09:25 WIB
Ilustrasi jenazah
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kematian adalah hal misteri dan kedatangannya tak bisa diduga. Namun ada beberapa hal yang dikaitkan dengan tanda kematian terlebih saat sakit parah.

Tanda ajal sudah dekat dapat dikenali dari perubahan fisik, mental sampai emosional. Ada beberapa tanda yang terlihat saat seseorang sakit berat dan dekat dengan kematian.

Dalam jam dan menit terakhir seseorang, tubuh mereka perlahan-lahan mati. Organ berhenti bekerja sepenuhnya. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan di menit-menit terakhir ini adalah membantu mereka merasa nyaman dan merasa dicintai.

Dalam laman Healthline yang sudah diulas oleh penasihat medis Carissa Stephens, hal berikut ini dikaitkan dengan tanda ajal sudah dekat.

1. Banyak tidur

Dalam dua atau tiga bulan sebelum meninggal, seseorang mungkin akan menghabiskan banyak waktunya dengan tertidur. Kurangnya kesadaran ini karena metabolisme tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi lebih lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang cenderung akan lebih banyak tidur dibandingkan terjaga.

2. Tak mau makan

Saat seseorang mendekati ajal, mereka akan kehilangan napsu makan. Bila ini terjadi pada orang terdekat, biarkan ia makan ketika ia merasa lapar. Sebab ia mungkin akan benar-benar berhenti makan beberapa hari sebelum ia meninggal.

3. Perubahan tanda vital

Tekanan darah menjadi turun mendekati kematian. Perubahan pernapasan menjadi lebih jelas, dan detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi. Saat tekanan darah turun, ginjal juga akan berhenti bekerja.

4. Badan dingin

Sirkulasi darah menarik ke dalam menuju organ vital Anda di hari-hari terakhir. Hal ini menandakan sirkulasi darah di area seperti tangan, kaki, dan kaki sangat berkurang.

Hal ini bisa menyebabkan kulit dan anggota badan terasa dingin saat disentuh. Kulit mungkin tampak pucat juga. Akhirnya, berkurangnya sirkulasi dapat menyebabkan kulit tampak berbintik-bintik biru-ungu.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Hasil Uji Obat Sirup yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT