Low Back Pain Gegara Kelamaan Duduk? Dokter Beberkan Cara Mengatasinya

ADVERTISEMENT

Low Back Pain Gegara Kelamaan Duduk? Dokter Beberkan Cara Mengatasinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 07:00 WIB
Woman stretch her back after sitting long time for working
Mengatasi low back pain (Foto: Getty Images/iStockphoto/SamuelBrownNG)
Jakarta -

Low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah kerap kali dialami oleh banyak orang, terutama pada pemain esports maupun para pekerja kantoran yang terlalu lama duduk. Kondisi ini kerap kali menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan sampai mengganggu aktivitas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Antonius Andi Kurniawan, SpKO, mengungkapkan penting untuk melakukan stretching atau beberapa gerakan ringan di sela-sela aktivitas, seperti stretching leher, bahu, hingga lower back. Hal ini berguna untuk melatih atau meregangkan otot-otot supaya tetap kuat, lentur, dan sehat.

"Jadi memang tidak hanya untuk atlet esports atau gamers saja, sebenarnya problem muscular, problem otot, problem sendi, juga dirasakan oleh para pekerja yang duduk di depan komputer berjam-jam," tuturnya saat ditemui detikcom di Tangerang Selatan, Selasa (11/10/2022).

"Problem karena duduk terlalu lama juga menimbulkan masalah di sendi maupun otot, mangkanya penting banget untuk melakukan break sejenak untuk melakukan stretching atau melakukan gerakan-gerakan ringan," lanjutnya lagi.

Adapun stretching atau gerakan ringan tersebut bisa dilakukan selama dua sampai tiga menit di setiap satu sampai dua jam duduk di depan komputer.

"Sebenarnya cukup dua sampai tiga menit tiap satu sampai dua jam di depan komputer atau main game untuk melakukan peregangan," lanjutnya lagi.



Simak Video "Gerakan Salat Dapat Bantu Percepat Terapi Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT