Komnas Perempuan soal Lesti Cabut Laporan: Wanita Sulit Keluar dari Kasus KDRT

ADVERTISEMENT

Komnas Perempuan soal Lesti Cabut Laporan: Wanita Sulit Keluar dari Kasus KDRT

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 17 Okt 2022 15:30 WIB
Lesti Kejora saat ditemui di Polres Jakarta Selatan.
Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta -

Lesti Kejora mengakhiri laporan kasus KDRT yang dialaminya dengan mencabut laporan polisi. Lesti beralasan suaminya, Rizky Billar, sudah mengakui kesalahannya dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

Sebelumnya, Lesti dilaporkan mengalami sejumlah luka akibat kekerasan fisik yang dilakukan Rizky Billar. Imbas kejadian tersebut, Rizky Billar ditetapkan menjadi tersangka.

Meski kasusnya berakhir dengan pencabutan laporan, Komnas Perempuan mengapresiasi langkah Lesti untuk melaporkan KDRT yang dialaminya. Hanya saja memang terdapat kompleksitas dalam kasus KDRT yang membuat korban mencabut laporannya.

"Komnas Perempuan mengenali bahwa kasus LK menunjukkan kompleksitas kesulitan perempuan korban kekerasan untuk keluar dari siklus kekerasan yang dihadapinya," tulis keterangan resmi Komnas Perempuan seperti yang dilihat detikcom, Senin (17/10/2022).

Lesti menyuarakan bahwa langkah mencabut pelaporannya didasarkan pertimbangan dampak pada anak dan juga harapannya bahwa kondisi rumah tangganya masih dapat diperbaiki. Ia bersama kuasa hukum Rizky Billar memohon penangguhan tahanan atas RB, yang juga telah dikabulkan oleh pihak kepolisian.

"Komnas Perempuan mendukung langkah kepolisian, khususnya Polres Jakarta Selatan, untuk tetap melanjutkan proses hukum dalam penanganan kasus LK dengan maksud untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari," tambah Komnas Perempuan.

Komnas Perempuan juga mengimbau agar Rizky Billar mendapat konseling psikologis untuk perubahan cara pandang dan perilaku tentang relasi laki-laki dan perempuan guna memutus siklus kekerasan. Mereka juga meminta agar Lesti mendapat penguatan psikologis dan informasi untuk memahami hak dan posisinya sebagai perempuan dan korban.



Simak Video "Membedah Bahasa Tubuh Lesti Kejora, Ayahnya dan Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT