Panik di Situasi Terhimpit, Saran Dokter Jantung: Balik Badan!

ADVERTISEMENT

Panik di Situasi Terhimpit, Saran Dokter Jantung: Balik Badan!

- detikHealth
Selasa, 08 Nov 2022 07:33 WIB
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, dunia mendapat kabar duka dari Itaewon, Korea Selatan. Malam perayaan Halloween yang harusnya penuh suka cita, justru menjadi tragis dan memakan ratusan korban jiwa.

Diketahui bahwa di Itaewon memang banyak gang-gang kecil yang menanjak. Dan di sana menjadi titik lokasi di mana banyak korban berjatuhan, mulai dari berdesak-desakan, panik, hingga terinjak dan meninggal dunia.

Ketika dalam situasi seperti itu, yang dibutuhkan hanyalah oksigen. Namun, seringkali jika sudah panik dan terhimpit, justru tidak bisa mengatur nafasnya sendiri.

Menurut Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito A Damay, SpJP, mengemukakan bahwa sejatinya manusia mempunyai personal space. Jika dirasa sudah tidak bisa menemukan personal space di antara kerumunan orang-orang, sebaiknya menghindar dan menjauh dari kerumunan tersebut.

"Kita kan ada personal space. Harusnya personal space itu minimal ada setengah meter di depan kita. Kalau lebih dari itu, kita pasti sudah tidak nyaman. Kalau setengah lencang lengan sudah tidak ada space, itu sudah crowded. Begitu kita tahu bahwa sudah tidak ada space, lebih baik putar balik," ungkapnya di program e-Life.

dr. Vito A Damay, SpJP, juga mengemukakan bahwa cara untuk menghindari jika sudah terperangkap dalam situasi panik dan terhimpit yaitu berbalik arah.

"Kalau menurut saya, kita putar badan (balik badan) ke arah sebaliknya. Karena kalau kita mengarah ke depan, orang lain tidak tahu ada bahaya di depan dan orang cenderung akan mendorong ke depan. Tapi kalau kita semua balik badan, itu akan melonggarkan tekanan," tutur Spesialis Jantung dan dan Pembuluh Darah, dr. Vito A Damay, SpJP dalam program e-Life, Jumat (04/11/2022) .

(Khairunnisa Adinda Kinanti/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT