Seksolog Sebut Pakai Kondom dengan Rasa Saat Bercinta Berbahaya, Kenapa Tuh?

ADVERTISEMENT

Seksolog Sebut Pakai Kondom dengan Rasa Saat Bercinta Berbahaya, Kenapa Tuh?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 08 Nov 2022 11:30 WIB
Kondom Rasa Kopi Susu Kekinian dan Cimol Pedas, Mau Coba?
Seksolog mengatakan pemakaian kondom dengan rasa saat bercinta bisa berbahaya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Alat kontrasepsi seperti kondom digunakan untuk menunda atau mencegah kehamilan saat berhubungan seks. Selain itu, kondom juga berfungsi untuk mencegah penularan penyakit menular seksual (IMS).

Sebagai variasi, kondom tersedia dengan berbagai bentuk dan rasa. Tak jarang, rasa-rasa yang ada pada kondom bisa berupa buah-buahan atau makanan lainnya.

Namun, ternyata penggunaan kondom dengan rasa tidak disarankan untuk hubungan seks vaginal atau penetrasi. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director dan Ginekolog, Elantis Healthcare, New Delhi, Dr Mannan Gupta.

"Ini karena kondom rasa mengandung gula di dalamnya yang dapat menimbulkan masalah pada vagina Anda. Kadar gula dalam kondom ini dapat mempengaruhi tingkat pH vagina dan bahkan menyebabkan infeksi jamur," jelas Dr Gupta yang dikutip dari Indian Express, Selasa (8/11/2022).

Senada dengan itu, seksolog di City Sex Counseling and Therapy Center, Mumbai, Dr Shahbaz Sayed, mengatakan bahwa jika digunakan untuk seks vaginal, kondom dengan rasa bisa mengubah tingkat pH vagina wanita.

Tak hanya itu, semakin banyak bahan kimia yang ada pada kondom, semakin tinggi juga kemungkinan iritasi vagina atau infeksi jamur. Maka dari itu, Dr Sayed juga tidak menyarankan penggunaan kondom dengan rasa selama berhubungan seks vaginal.



Simak Video "Pamer Body Count di Medsos, Kok Bangga?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT