Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Risiko Osteoporosis di Usia Muda

ADVERTISEMENT

Hati-hati! 5 Kebiasaan Ini Bisa Picu Risiko Osteoporosis di Usia Muda

Sukma Nur - detikHealth
Kamis, 10 Nov 2022 13:27 WIB
Ensure
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Osteoporosis dikenal sebagai penyakit yang diderita oleh orang tua, dengan umur di atas 50 tahun. Tapi jangan kaget, karena osteoporosis ternyata bisa menyerang di usia muda, lho.

Ini terjadi karena gaya hidup yang buruk hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan inilah yang akhirnya menimbulkan dampak tidak baik untuk kesehatan.

Kebiasaan ini kerap tidak tidak disadari oleh banyak orang. Karena itu, yuk kenali 5 kebiasaan pemicu risiko osteoporosis di usia muda yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Terlalu Banyak Duduk

Siapa yang menyangka kalau terlalu lama duduk ternyata bisa memicu banyak risiko penyakit, salah satunya adalah osteoporosis. Hal ini diungkap oleh dokter spesialis ortopedi, Jonathan Lee di Montefiore Health System di Bronx, New York. Menurutnya, tulang adalah jaringan hidup yang bisa merespons aktivitas. Semakin banyak kekuatan tulang digunakan, maka tulang dalam tubuh akan semakin kuat.

Nah, duduk terlalu lama membuat tulang tidak bergerak bebas dan aktif. Karena itu, kegiatan ini bisa memicu datangnya penyakit osteoporosis.

2. Sering Minum Kafein

Kafein memang sering dikonsumsi untuk menemani berbagai aktivitas. Tapi, sayangnya menurut peneliti kafein bisa mengganggu penyerapan kalsium dan mempengaruhi kesehatan tulang.

Tak hanya itu, kafein juga mengganggu Vitamin D yang ada dalam tubuh. Padahal Vitamin D berperan dalam mempengaruhi jumlah kalsium yang diperlukan untuk tulang.

3. Diet yang Salah

Diet memang menyehatkan. Tapi diet yang tidak tepat justru akan mengundang risiko penyakit. Salah satu diet yang tidak tepat dan meningkatkan risiko osteoporosis adalah diet paleo. Diet ini fokus untuk mengonsumsi nutrisi protein.

Namun, jika diet tersebut tidak tepat malah akan mengundang masalah. Pasalnya, protein yang terlalu banyak dalam tubuh malah akan membuat ginjal membuang banyak kalsium.

4. Kecanduan Alkohol dan Rokok

Kecanduan Alkohol dan rokok bisa menyebabkan peningkatan risiko patah tulang dan tulang mengalami pengeroposan. Dampaknya tidak akan langsung dirasakan, tetapi dua hal ini menyebabkan kepadatan tulang rendah, mengganggu aktivitas tulang, dan metabolisme yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang.

Dampak dari kebiasaan ini bisa semakin buruk jika diikuti dengan berat badan yang rendah, jarang melakukan aktivitas, dan memiliki pola makan yang tidak baik.

5. Suka Ngemil Makanan Asin

Makanan asin memang enak jadi cemilan. Dibalik kenikmatan tersebut sayangnya bisa meningkatkan resiko osteoporosis.

Sebuah studi di Jepang menunjukkan perempuan pascamenopause yang memiliki asupan garam tinggi, empat kali lebih mungkin untuk mengalami patah tulang dibandingkan dengan perempuan yang sedikit mengonsumsi garam dalam makanan harian.

Ini juga dipertegas oleh Jonathan Lee yang mengatakan ketika ginjal bekerja mengeluarkan garam, kalsium juga dikeluarkan dari aliran darah. Lagi-lagi, kalsium yang diperlukan tulang akan terbuang begitu saja.

Agar kamu terhindar dari osteoporosis, sudah seharusnya kebiasaan tersebut harus ditinggalkan. Mulai jalani hidup sehat dengan banyak bergerak dan menjaga pola makan dengan baik. Jangan lupakan untuk berolahraga. Kegiatan satu ini bisa membantu tulang bergerak aktif dan menjaga kekuatan tulang sehingga menjadi kuat.

Asupan nutrisi kalsium dan Vitamin D juga menjadi hal yang penting. Pastikan untuk perbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kalsium dan Vitamin D untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

Sebagai pelengkap, kamu bisa minum Ensure Gold dua kali sehari, nutrisi lengkap seimbang yang tinggi kalsium dan tinggi vitamin serta satu-satunya nutrisi dewasa di Indonesia yang mengandung HMB (metabolit asam amino leucin) yang terbukti klinis untuk kesehatan massa otot dan triple protein. Konsumsi secara rutin untuk menjaga kepadatan tulang serta menghindari osteoporosis.

Tersedia dalam 3 rasa yang lezat, yaitu Cokelat, Gandum, dan Vanila, yang disukai orang Indonesia. Selain itu, Ensure Gold memiliki kandungan 100% lemak nabati yang kaya dengan MUFA dan PUFA (omega 3 & 6) yang bagus untuk fungsi jantung serta rendah laktosa.

Itulah sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan terkena osteoporosis dan cara pencegahannya. Cara mudah penuhi nutrisi dan jaga kepadatan tulang yuk konsumsi Ensure Gold aja.

Informasi seputar gaya hidup sehat, yuk akses ensure.co.id.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT