Menyoal Catcalling, Dikaitkan Korban Bule Rusia Dilecehkan Sopir Blue Bird

ADVERTISEMENT

Menyoal Catcalling, Dikaitkan Korban Bule Rusia Dilecehkan Sopir Blue Bird

Muhammad Rofiq - detikHealth
Jumat, 11 Nov 2022 07:38 WIB
Ilustrasi
Pelecehan bule rusia. (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Belakangan viral kasus catcalling yang dilakukan FN, sopir taksi Blue Bird terhadap Valerie, bule asal Rusia. Kasus tersebut kini berakhir damai setelah dilakukan mediasi. Polisi menyampaikan bahwa Valerie menerima permintaan maaf FN.

"Permintaan maaf diterima (Valerie)," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangan tertulis, dikutip dari detikNews, Kamis (10/11/22).

Lebih lanjut, Ade Ary menyampaikan bahwa dalam mediasi tersebut, Valerie meminta pihak Blue Bird tidak memecat FN. Selain itu, FN juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya, serta meminta maaf secara langsung kepada valerie.

Apa Itu Catcalling?

Dikutip dari Modern Intimacy, catcalling adalah bentuk pelecehan yang dapat mencakup berbagai komentar atau suara menghina yang menjurus ke arah seksual, biasanya dilakukan seseorang di tempat umum. Catcalling dilakukan dengan siulan, membunyikan klakson mobil, gerakan dan pernyataan vulgar, menguntit, dan masih banyak lagi.

Catcalling dapat memengaruhi setiap aspek kesehatan seseorang seperti mental, seksual, fisik, sosial, bahkan efek terhadap pekerjaan. Jenis pelecehan seksual ini dapat sangat merugikan kesehatan mental, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang bagi si korban.

Efek jangka pendek bagi para korban adalah mereka mungkin akan marah, kesal, malu, terancam, dan takut bahwa situasinya bisa atau masih akan meningkat. Selain itu catcalling juga berkorelasi dengan meningkatnya rasa takut dan persepsi risiko pemerkosaan.

Harus Bagaimana Jika Jadi Korban Catcalling?

Lakukan kontak mata tegas dengan pelaku catcalling, hal ini memberikan tanda bahwa kamu tidak menyukai perbuatan tersebut. Terkadang, hal semacam ini cukup ampuh untuk membuat mereka berhenti melakukan catcalling dan menyadari apa yang mereka lakukan itu salah.

Dengan suara tegas, kamu dapat memberikan pernyataan untuk menjelaskan kepada pelaku, jika tidak ingin diganggu.

Jika pelaku mengikutimu, cobalah untuk mencari tempat aman dan mulai menghubungi kontak darurat atau teman terdekat. Berikan alamat persis kamu berada agar bisa segera mendapatkan pertolongan.

Sebagai langkah pencegahan, siapkan setidaknya semprotan merica dan/atau peluit, di dalam tas yang selalu dibawa.



Simak Video "Aksi 'Colak-colek' Anak Bikin Resah "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT