Viral Curhat Wanita Padang Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kena Penyakit Ini

ADVERTISEMENT

Viral Curhat Wanita Padang Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kena Penyakit Ini

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Selasa, 15 Nov 2022 17:48 WIB
Viral Curhat Wanita Padang Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kena Penyakit Ini
Viral perut wanita ini membesar seperti hamil, ternyata mengidap tumor ganas. (Foto: Tangkapan Layar TikTok @someew)
Jakarta -

Viral video di media sosial TikTok, seorang wanita curhat mengaku bahwa perutnya membesar layaknya orang hamil. Dalam video tersebut, pengguna akun TikTok dengan username @someeww itu ternyata mengidap tumor ovarium.

Awalnya, ia merasakan nyeri di bagian panggul, kemudian perutnya membesar dan siklus haid menjadi tidak teratur. Ia pun memutuskan untuk melakukan USG dan benar saja tampak tumor ovarium yang belakangan disebut dokter berisiko tergolong ganas.

Wanita tersebut telah menjalani operasi pertamanya yakni pengangkatan tumor ovarium. Setelah operasi pertama, Dinda dirujuk untuk tetap melakukan check up ke dokter, namun ia tidak rutin untuk melakukannya.

Hal ini yang menyebabkan tumor tersebut berkembang menjadi kanker ovarium. Hingga beberapa waktu setelah itu, dokter mengharuskannya untuk melakukan operasi yang kedua.

"Bulan Maret 2022 aku harus dioperasi lagi dengan diagnosa kanker ovarium," tulisnya dalam akun TikTok pribadinya @someeww.

Usai menjalani operasi kedua, dokter merujuknya untuk kemoterapi. Ia mencoba berbagai macam pengobatan alternatif karena belum siap untuk melanjutkan kemoterapi, tetapi sel kankernya tumbuh lagi.

Efek kemoterapi membuat rambutnya rontok, bahkan semakin hari semakin parah.

Konfirmasi detikcom

Vadianda Bastian (22) yang akrab disapa Dinda saat itu sebelumnya sempat berpikir dirinya mengidap sakit biasa. Tidak pernah terlintas kemungkinan kanker hingga tumor. Ia dirawat di RS Ibnu Sina Padang.

"Operasi pertama aku itu September 2020 lalu, sudah dinyatakan bersih tapi karena nggak rajin pergi kontrol akhirnya telat tahu, ternyata tumbuh lagi dan didiagnosa kanker ovarium," ujar Dinda pada detikcom, Selasa (15/11/2022).

"Operasi tumor pertama aku itu hasilnya sebesar kepala orang dewasa, ya beratnya 5,9 kilo," tambahnya.

Setelah melewati sejumlah perawatan, kini kondisi Dinda sudah jauh membaik. Hasil USG bahkan menunjukkan dirinya bersih dari kanker dan dapat menjalani aktivitas kembali seperti semula.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT