Yuk Cegah Osteoporosis dengan Nutrisi dan Aktivitas Ini Setiap Hari!

ADVERTISEMENT

Yuk Cegah Osteoporosis dengan Nutrisi dan Aktivitas Ini Setiap Hari!

Sukma Nur Fitriana - detikHealth
Jumat, 25 Nov 2022 10:32 WIB
Nutrisi kesehatan tulang.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Osteoporosis atau tulang keropos umumnya dialami oleh lanjut usia. Namun kini penyakit tersebut bisa menyerang kawula muda. Jika sudah terkena osteoporosis, kekuatan tulang mengalami penurunan sehingga bisa menyebabkan patah tulang.

Menyebalkannya, penyakit ini juga muncul tanpa gejala. Oleh karena itu, penting untuk Anda menjaga kesehatan dan mencegah osteoporosis dari sekarang.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah nutrisi yang dibutuhi oleh tulang dan bisa membantu mencegah datangnya osteoporosis, disimak ya!

1. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan Vitamin D memegang peranan paling penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sebab, kedua nutrisi ini bekerja sama dalam memelihara kesehatan dan kepadatan tulang, serta membantu pertumbuhan tulang. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini Anda bisa rutin mengonsumsi makanan dengan produk susu seperti susu, yogurt, keju, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga jamur.

2. Mineral

Mineral lain yang diperlukan dalam kesehatan tulang adalah potasium, magnesium, dan juga kalium. Ketiganya berperan untuk menjaga metabolisme kalsium agar tetap terjaga dengan baik. Untuk penuhi nutrisi ini, Anda bisa dapatkan dari cokelat hitam, pisang, tahu, kacang-kacangan, dan gandum.

3. Protein

Guna memiliki tulang yang sehat, pastikan Anda konsumsi protein dengan cukup. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari telur, daging ayam bagian dada, daging sapi bebas lemak, ikan tuna dan salmon, kacang kedelai, serta dari segelas susu.

4. Vitamin K

Selain Vitamin D, Vitamin K memiliki peran dalam menjaga tulang dan sendi. Vitamin satu ini akan mengantarkan kalsium ke semua tulang di dalam tubuh. Jika Anda kekurangan nutrisi satu ini, maka kepadatan tulang bisa berkurang dan meningkatkan risiko patah tulang. Makanan yang banyak mengandung Vitamin K adalah sayur-sayuran yang berwarna hijau.

5. Buah Zaitun

Buah Zaitun adalah salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan kadar glutathione dalam darah. Glutathione ini adalah antioksidan yang paling kuat dalam tubuh untuk mengurangi berbagai risiko penyakit, osteoporosis salah satunya.

Buah zaitun juga disebut sebagai antioksidan alami yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Nah, selain dari nutrisi yang telah disebutkan, untuk mencegah osteoporosis, Anda juga harus melakukan berbagai aktivitas, salah satunya berolahraga. Melansir Center for Disease Control and Prevention, dalam seminggu, orang dewasa hingga lanjut usia diperlukan 150 menit melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang dan 2 hari aktivitas penguatan otot.

Namun, jika hal tersebut terlalu berat untuk dilakukan, maka Anda bisa beraktivitas dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga, tulang akan bergerak aktif dan membuatnya menjadi kuat.

Untuk mencegah osteoporosis dan mendapatkan kebaikan buah zaitun, Anda bisa dapatkan dari Entrasol Gold. Entrasol Gold yang hadir dengan formula baru dan rasa lebih enak. Nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun di Entrasol Gold membantu menjaga kesehatan tulang, otot dan jantung

Entrasol Gold juga mengandung Hydroxytyrosol atau ekstrak buah zaitun yang dapat membantu menurunkan radikal bebas, menurunkan peradangan dalam tubuh serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Sehingga tidak hanya menurunkan risiko terjadinya osteoporosis, kandungan ini juga menurunkan risiko penyakit jantung serta penyakit metabolik dan degeneratif lainnya. Yuk mulai hidup sehat dengan rutin konsumsi Entrasol Gold 2x sehari.



Simak Video "Kata Menkes soal WHO Tetapkan Covid-19 Jawa-Bali Level 2"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT