Geger Pembunuhan Keluarga di Magelang, Ini Gejala-Dampak Keracunan Arsenik

ADVERTISEMENT

Geger Pembunuhan Keluarga di Magelang, Ini Gejala-Dampak Keracunan Arsenik

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 30 Nov 2022 14:04 WIB
Anak Racuni Keluarga di Magelang
Pembunuhan sekeluarga di Magelang (Foto: Eko Susanto/detikJateng)
Jakarta -

Pembunuhan sekeluarga di Magelang belakangan ini bikin geger publik. Hal itu dilakukan oleh seorang anak yang tega membunuh ayah, ibu dan kakaknya sendiri. Menurut laporan pihak polisi, motif pembunuhan ini dilatarbelakangi perasaan sakit hati.

Diketahui, anak tersebut membunuh ketiga anggota keluarganya dengan mencampurkan racun arsenik pada minuman teh hangat dan es kopi.

"Keterangan pelaku dan lingkungan sekitar, yang bersangkutan sakit hati. Motifnya adalah sakit hati. Sakit hati karena bapak terduga pelaku dua bulan lalu baru saja pensiun dan kebutuhan untuk rumah tangga cukup tinggi karena orang tua memiliki penyakit, untuk biaya pengobatan," ungkap Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, kepada wartawan, dikutip dari detikJateng, Selasa (29/11/2022).

Apa itu Arsenik?

Dikutip dari Healthline, racun arsenik merupakan jenis karsinogen yang berwarna abu-abu, perak, atau putih. Senyawa ini sangat beracun dan berbahaya bagi manusia lantaran bisa membuat korbannya terpapar tanpa menyadarinya.

Racun arsenik adalah arsenik buatan atau disebut arsenik anorganik, yang umumnya digunakan untuk keperluan pertambangan, manufaktur, hingga pertanian.

Gejala Keracunan Arsenik

Keracunan arsenik terjadi saat bahan ini dalam kadar tinggi tertelan atau terhirup. Adapun gejala keracunan arsenik, seperti:

  • Kulit merah atau bengkak
  • Perubahan kulit, seperti kutil atau lesi baru
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Irama jantung yang tidak normal
  • Kram otot
  • Kesemutan jari tangan dan kaki

Sedangkan dalam jangka panjang, gejala keracunan arsenik dapat berupa:

  • Warna kulit menggelap
  • Sakit tenggorokan konstan
  • Masalah pencernaan terus-menerus

Dampak Keracunan Arsenik

Racun arsenik yang masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan dampak berbeda-beda, tergantung dosis dan jangka waktu paparannya. Paparan arsenik dalam kadar rendah mungkin tidak menimbulkan dampak kesehatan namun bila dikonsumsi dalam jumlah besar dan jangka panjang, dapat memicu kanker kulit hingga kematian.

Selain itu, paparan arsenik dalam jangka waktu panjang juga bisa memicu kanker kandung kemih dan paru-paru. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan senyawa arsenik sebagai karsinogen.

Meskipun demikian polisi baru saja mengungkap fakta baru terkait kasus pembunuhan ini. Selain racun arsenik, hasil autopsi menyebutkan di lambung korban ditemukan zat sianida.

"Tidak hanya arsenik yang kemarin sempat disampaikan oleh bersangkutan (tersangka) itu menggunakan arsenik. Ternyata yang kita ketemukan di dalam organ tubuh sampelnya adalah golongan sianida," kata Sajarod Rabu (30/11).



Simak Video "Magelang Diburu Waktu Habiskan Stok Vaksin Moderna Sebelum Kedaluwarsa"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT