Ortu Wajib Tahu, Ini Daftar Terbaru 172 Obat Sirup Bebas Cemaran EG-DEG

ADVERTISEMENT

Round Up

Ortu Wajib Tahu, Ini Daftar Terbaru 172 Obat Sirup Bebas Cemaran EG-DEG

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 05:30 WIB
BPOM memastikan tidak menarik semua sirup Termorex, dan hanya yang menarik yang tercemar. Hal ini dilakukan usai penelusuran lebih lanjut atas temuan cemaran etilen glikol pada sejumlah obat sirup, Minggu, (23/10/2022).
Kepala BPOM Penny K Lukito (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI merilis daftar baru produk obat berbentuk cair atau sirup yang dinyatakan aman dari cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Hal itu menyusul pencarian penyebab ratusan kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia.

Mengacu pada hasil verifikasi pengujian bahan baku obat per 18 hingga 29 November 2022, ada tambahan 46 produk sirup obat yang telah memenuhi ketentuan dan aman digunakan sepanjang aturan pakai. Dengan begitu, kini terdapat total 172 obat dalam daftar yang telah dinyatakan aman.

"Verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku setiap kedatangan dan setiap wadah, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini," terang BPOM dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom Kamis (1/12/2022).

"Hasil verifikasi periode 18 - 29 November 2022, terdapat 46 produk sirup obat yang telah memenuhi ketentuan. Dengan demikian, BPOM menyatakan 172 produk sirup obat dari 22 IF telah memenuhi ketentuan, sehingga direkomendasikan untuk dapat diedarkan," sambung pihak BPOM.

Terakhir BPOM menyebut, pihaknya akan terus memperbarui informasi hasil pengawasan sirup obat terkait ratusan kasus gagal ginjal akut. Informasi tersebut bakal diberikan secara bertahap, berdasarkan pada database registrasi produk di BPOM dan verifikasi hasil pengujian bahan baku dan produk sirup obat.

Daftar aman obat sirup terbaru cek DI SINI



Simak Video "Update BPOM Terkait Hasil Uji Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT