Si Kecil Senyum-senyum Saat Tidur? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Si Kecil Senyum-senyum Saat Tidur? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 23 Jan 2023 08:15 WIB
Anak Berkeringat Saat Tidur: Penyebab dan Cara Mengatasinya
Anak kelihatan seperti tersenyum saat tidur, apa artinya? (Foto: Getty Images/iStockphoto/anurakpong)
Jakarta -

Kerap mendapati si kecil senyum-senyum saat tidur? Bahagia sekali melihatnya, tapi nggak jadi bahagia kalau ternyata penyebabnya tidak seperti yang dibayangkan.

Faktanya, ada banyak sekali kemungkinan penyebab anak kecil tersenyum saat tidur. Kondisi yang disebut hypogely ini relatif umum, dan umumnya memang tidak berbahaya.

Namun demikian, dalam kasus langka senyum-senyum saat tidur bisa menandakan adanya masalah kesehatan. Termasuk masalah neurologis.

Dirangkum dari Verywell Family, berikut 3 kemungkinan penyebabnya.

1. Refleks senyuman

Bayi mulai benar-benar tersenyum sekitar usia 3 bulan, namun kerap pula terpantau mengembangkan senyuman di bibir saat berada dalam kandungan. Jenis senyuman ini merupakan refleks seperti halnya menendang atau mengisap ibu jari. Tidak selalu ada rangsangan tertentu untuk mengalaminya.

2. Ada gas alias kembung

Salah satu kemungkinan lain anak tersenyum saat tidur adalah gas di saluran pencernaan. Anak terkadang tampak seperti tersenyum saat buang angin, seperti halnya saat buang air besar.

3. Senyum sosial

Pada usia 3 bulan, bayi baru benar-benar bisa tersenyum sebagai bentuk interaksi sosial. Mereka mulai memilih saat-saat untuk tersenyum. Senyum sosial pada bayi juga menandakan adanya keterlibatan penuh serta perhatian dan interaksi dari orang tua.

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Punya Efek Berbahaya, Ini Tips Aman Bermain Lato-Lato untuk Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT