Senin, 20 Sep 2021 12:42 WIB

Apa Itu Lebam, Dialami Muhammad Kace Usai Dianiaya Irjen Napoleon?

Khadijah Nur Azizah, detikTV - detikHealth
Foto Muhammad Kace Usai Dianiaya Irjen Napoleon BonaparteD Muhammad Kace alami penganiayaan. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Muhammad Kace yang saat ini berstatus tersangka kasus dugaan penistaan agama mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari oknum polisi di penjara. Ia dipukuli dan dianiaya oleh Irjen Napoleon Bonaparte di Rutan Bareskrim Polri.

Di Rutan Bareskrim Polri, Muhammad Kace dianiaya dengan cara dipukul hingga dilumuri kotoran manusia. Pihak kepolisian lantas melarikan Muhammad Kace ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mendapat penanganan lebih lanjut

"Hari kejadian, langsung kita cek ke RS Polri Kramat Jati," tuturnya.

Dikutip dari laman Healthline, lebam disebabkan ketika pembuluh darah kecil rusak atau pecah akibat trauma pada kulit. Area tonjolan atau memar yang menonjol disebabkan oleh kebocoran darah dari pembuluh darah yang terluka ke dalam jaringan yang merupakan respons tubuh terhadap cedera.

Jika dilihat pada foto yang beredar, Muhammad Kace mengalami memar pada matanya akibat penganiayaan. Pada yang mengalaminya, mereka mungkin mengalami rasa sakit dan bengkak di sekitar mata.

Kulit juga bisa berubah warna. Mungkin merah pada awalnya dan kemudian menjadi gelap. Kondisi lebam pada mata bisa disebut 'mata hitam'.

Sebagian besar kasus ini tidak serius, tetapi terkadang bisa menjadi indikator keadaan darurat medis seperti patah tulang tengkorak. Tergantung pada jumlah darah yang terkumpul di dalam kulit, mungkin memerlukan waktu hingga dua minggu untuk kembali ke warna normal.

Berapa lama penyembuhannya?

Mata hitam akibat cedera ringan dapat diobati dengan es, istirahat, dan obat pereda nyeri. Jika bengkak dan nyeri menyertai memar, berikan kompres dingin selama 20 menit, lalu hentikan setelah 20 menit.

Perlu dicatat bahwa lebam pada mata bisa jadi akibat dari fraktur wajah. Jika mengalami sakit kepala berlanjut atau kehilangan penglihatan dan kesadaran, mata hitam yang dialami mungkin merupakan gejala gegar otak atau patah tulang.



Simak Video "Kenali Varian AY.4.2 yang Marak di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)