Minggu, 14 Nov 2021 18:52 WIB

Video 20Detik

Menkes Budi: di Singapura, Varian AY.23 Itu Pasti dari Indonesia

detikTV, Tim 20Detik - detikHealth
Jakarta -

Kementerian Kesehatan terus memonitor sebaran varian baru Covid-19 di dunia. Seperti varian Mu dan Lambda. Termasuk sub-varian Delta yang mendominasi di Indonesia yaitu AY.23. Dalam Webinar Kesehatan Nasional, Sabtu (13/11), Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa varian ini sudah menyebar ke luar negeri. Salah satunya Singapura. Menkes Budi bahkan menyebut varian AY.23 di Singapura berasal dari Indonesia.

Tak hanya varian yang menyebar di luar negeri, Kemenkes juga terus memantau varian-varian Covid-19 di Indonesia. Dalam paparannya di Webinar Kesehatan Nasional pada Sabtu (13/11), Menkes Budi Gunadi menyebut sudah ada 25 sub-lineage varian Delta di Indonesia dengan AY.23 sebagai yang paling dominan.

Menkes Budi bahkan menyebut varian Delta 'Plus' AY.23 ini sudah menyebar ke luar negeri. Salah satunya yaitu Singapura.

"Varian Delta asli B.1.617.2 itu masuk ke Indonesia, kemudian dia bermutasi jadi AY.23, dari situ menjadi sub-lineage atau sub-varian yang sangat dominan di Indonesia, dan itu juga menyebar ke luar. Salah satunya ke Singapura, karena Singapura yang paling besar adalah AY.23 yaitu merupakan varian baru Delta," jelas Menkes Budi.

(/)