Sabtu, 04 Des 2021 12:24 WIB

Video 20Detik

WHO: Varian Omicron Terdeteksi di 38 Negara

detikTV, dtv - detikHealth
Jakarta -

WHO mengatakan bahwa penularan varian Omicron mengalami peningkatan. Kini, sudah ada 38 negara yang mendeteksi adanya varian Corona baru tersebut.

"Kami melihat tingkat pertumbuhan yang meningkat, kami melihat peningkatan jumlah omicron yang terdeteksi. Dan saat ini, datanya, saya pikir, mungkin berumur beberapa jam, tetapi kami memiliki laporan omicron di 38 negara. Dan kami melihat tren peningkatan omicron di Afrika Selatan" kata Pimpinan Teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove, Sabtu (4/12/2021).

WHO masih melakukan penelitian mendalam terhadap varian Omicron. Belum diketahui varian baru ini lebih menular dibanding varian Delta atau tidak.

"Yang perlu kita pahami adalah apakah itu lebih atau kurang menular dibandingkan dengan delta. Varian delta masih dominan di seluruh dunia, itu penting untuk diingat, jadi kita perlu melihat bagaimana omicron dibandingkan dengan delta ketika keduanya beredar di populasi pada waktu yang sama" ujar Maria.

"Jadi, kita perlu beberapa hari lagi untuk mendapatkan informasi itu, dan kita bersyukur atas penelitian yang sedang berlangsung" tambah Maria.

(/)