Kamis, 19 Mei 2005 15:02 WIB

Ketidaknyamanan Saat Hamil

- detikHealth
Jakarta - Kehamilan terkadang membawa beberapa perubahan baik fisik maupun psikis yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi tubuh si calon ibu. Keadaan ini sering kali datangnya tiba-tiba dan dapat sangat mengganggu.Ada beberapa tips yang patut disimak yang dapat membantu para calon ibu untuk mengurangi ketidaknyamanan yang mengganggu ini.
  • Jangan Lewatkan Sarapan setiap Pagi HariBila merasakan mual di pagi hari, saat bangun tidur makanlah roti tawar gandum atau snack yang mengandung biji-bijian padi. Usahakan saat makan ini sebelum bangkit dari tempat tidur. Lanjutkan dengan sarapan yang lengkap setelah agak siang.
  • Makanlah Makanan yang Mengandung Serat TinggiMengkonsumsi makanan yang berserat tinggi disertai banyak minum air dan melakukan aktivitas sehari-hari akan membantu mencegah timbulnya sembelit yang kerap terjadi pada wanita hamil.
  • Siapkan Makanan yang Sehat di Dekat AndaMakanan sehat, seperti buah-buahan, dapat menjadi snack yang menyehatkan yang sewaktu-waktu akan Anda cari. Oleh karena itu, siapkan di tempat yang mudah Anda jangkau.
  • Bila Mengalami Rasa Panas dalam Perut selama Kehamilan Makanlah dengan porsi yang lebih kecil tapi sering. Makanlah dengan perlahan. Hindari bumbu yang terlalu tajam ataupun berlemak dan jangan langsung berbaring setelah makan.

    (msh/)