Selasa, 23 Des 2014 16:00 WIB

Diet Experience

Langsing Berkat Diet Ini, Kini Puji Tak Lagi Ngumpet Saat Berfoto

feed
Dikirim Oleh
Before Before After After
Jakarta - Punya tinggi badan 160 cm dan berat badan mencapai 90 kg, Puji Lestari (22) kerap merasa tak percaya diri saat berfoto bersama teman-temannya. Namun kini kondisinya sudah berbalik, turun berat badan sebanyak 24 kg dalam waktu 4 bulan.

Ya, kini berat badan Puji sudah turun menjadi 66 kg lho. Ingin tahu rahasianya? Yuk simak kisahnya seperti telah diceritakan kepada detikHealth dan ditulis pada Selasa (23/12/2014):

Salah satu hobi saya adalah foto selfie bersama teman-teman. Namun karena malu dengan tubuh saya yang gemuk, saya mengakalinya dengan hanya foto bagian wajah saja saat selfie tanpa terlihat seluruh badan. Jadi ketika saya foto bersama teman-teman, saya selalu bersembunyi di belakang teman agar tubuh saya tertutupi.

Lama-kelamaan saya capek karena harus selalu mengedit foto saya yang akan di-share ke media sosial agar tidak terlihat gemuk. Saya juga mulai tersadar ketika melihat hasil rekaman video teman. Dalam video itu tampak saya sedang asyik karaoke dan tubuh gemuk saya benar-benar terlihat.

Dari situlah saya mulai bertekad untuk menurunkan berat badan. Saya mengatur pola makan saya yang biasanya makan nasi putih tiga kali sehari, jarang makan sayuran dan buah-buahan, serta tidak pernah olahraga. Begini menunya:

Sarapan: segelas teh hijau + makan dua buah pisang/oatmeal+susu rendah lemak/roti gandum + sedikit selai kacang
Makan siang: kentang rebus/ubi/singkong rebus + ikan tuna/tempe/tahu rebus + sayur sop bening/sayur bayam dengan sedikit garam
Sore hari: yoghurt + potongan buah apel
Makan malam: jus buah pir hijau + kiwi tanpa gula/potongan buah pepaya atau melon

Selama saya jalani pola ini saya perbanyak konsumsi sayur dan buah. Saya juga tidak mengonsumsi makanan yang digoreng, alhasil saya ganti dengan makanan yang direbus. Setop juga kebiasaan minum minuman bersoda dan rajin minum air putih kira-kira 2-3 liter per hari.

Saya sempatkan untuk olahraga jalan cepat setiap berangkat dan pulang kerja 30 menit dari rumah ke depan gang. Lama-kelamaan saya terbiasa dengan hal ini.

Sekitar 4 bulan saya jalani seperti ini, bobot tubuh saya berkurang 24 kg dari 90 kg menjadi 66 kg. Sampai saat ini saya masih menjalani pola makan dan olahraga seperti ini sampai bobot saya menjadi 55 kg.

Meskipun demikian kini saya tidak malu lagi alias tambah pede untuk foto seluruh badan. Tak cuma itu, dulu di waktu saya gemuk hampir setiap hari mengalami migrain. Tapi setelah saya jalani pola hidup sehat ini saya tidak pernah migrain lagi.

(ajg/vit)