Jumat, 09 Jun 2017 17:05 WIB

Berat Badan Tak Kunjung Turun Setelah Puasa, Ini Sebabnya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Usai dua pekan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, berat badan kok masih stabil dan tak turun-turun ya? (Foto: Thinkstock) Usai dua pekan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, berat badan kok masih stabil dan tak turun-turun ya? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Usai dua pekan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, berat badan masih stabil dan tak turun-turun juga? Mungkin ada yang salah dengan kebiasaan makan Anda.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, pada dasarnya berpuasa tak otomatis akan menurunkan berat badan. Semua bergantung kembali pada kebiasaan makan dan asupan makanan yang Anda makan.

Maka dari itu, ketika sudah menjalani puasa dan berat badan tak kunjung turun atau malah naik, Anda perlu mencari tahu kebiasaan yang mungkin keliru.

Baca juga: Agar Tetap Langsing, Begini Asupan Berbuka yang Dianjurkan

"Naik dan turunnya berat badan bergantung pada keseimbangan jumlah kalori yang keluar dan masuk. Jika misalnya saat puasa jumlah makanan dan aktivitas tidak berubah, maka berat badan akan stabil," ungkap Victoria.

Hal serupa juga bisa terjadi ketika frekuensi makan berkurang, tapi Anda juga jadi lebih sering istirahat. Ini membuat jumlah kalori masuk yang masuk dan yang terpakai akan menjadi seimbang, maka berat badan cenderung stabil.

"Kalau berat malah naik, kemungkinan ada dua. Pertama, makannya tetap tapi jadi lebih banyak istirahat. Kedua, makannya jadi lebih banyak daripada biasanya," tuturnya.

Baca juga: Mau Sahur dengan Mi Instan, Jangan Lupa Tambah Asupan Ini

(ajg/up)
News Feed